Unduh Aplikasi

Penetapan Caleg Terpilih DPRK Pidie Ditunda

Penetapan Caleg Terpilih DPRK Pidie Ditunda
Rapat pleno penetapan caleg terpilih DPRK Pidie. Foto: AJNN.Net/Muksalmina

PIDIE - Penetapan calon legeslatif (caleg) terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie periode 2019-2024 yang dilaksanakan di gedung DPRK setempat, Rabu (3/7) ditunda.

"Barusan kita sudah mengelar rapat, tetapi kita tidak membuka pleno karena kita masih menunggu surat KPU terkait penetapan MK terhadap daerah yang tidak ada perselisihan tentang gugatan," kata Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie, Muhammad Ali kepada AJNN.

M Ali menjelaskan, Mahkamah Konstitusi (MK) pada 1 Juli 2019 telah menetapkan daerah-daerah yang tidak ada Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). Pasca penetapan tersebut, KIP kabupaten/kota harus menetapkan paling lambat tiga hari setelah putusan itu dikeluarkan.

Namun lanjutnya, hingga saat ini pihaknya belum menerima putusan penetapan MK tersebut, sehingga pihaknya terpaksa menunda penetapan caleg terpilih anggota DPRK Pidie periode 2019-2024.

"Karena di SK KIP nanti, pasca penetapan kita wajib mencamtumkan nomor registrasi tersebut," jelasnya.

Ketua KIP Pidie menambahkan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait nomor registrasi dari MK tersebut. 

"Apabila sampai besok juga belum ada, sedangkan amanah undang-undang penetapan caleg terpilih paling lambat tanggal 4 Juli 2019, maka kita akan meminta petunjuk dari KPU dan KIP Aceh," imbuhnya.

HUT RI 74 - Pemkab Aceh Jaya
Idul Adha - Bank Aceh
Ubudiyah PMB 2019

Komentar

Loading...