Unduh Aplikasi

Pemuda Gayo Uji Akses Data Tambang ke Kementerian LHK

Pemuda Gayo Uji Akses Data Tambang ke Kementerian LHK
Kantor KLHK. Foto: Net

JAKARTA - Pemuda Gayo melakukan uji akses ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait informasi adanya pertambangan di kawasan Kabupaten Aceh Tengah dan Nagan Raya oleh perusahaan PMA.

Salah seorang Pemuda Gayo, Saputra Rantona mengatakan uji akses tersebut dimohonkan oleh tiga pemuda Gayo tentang dokumen aktivitas pertambangan tersebut.

"Beredarnya informasi tentang adanya pertambangan di Kawasan Nagan Raya dan Aceh Tengah dilakukan perusahaan PMA, maka pemuda Gayo melakukan uji Akses," kata Pemuda Gayo Saputra Rantona kepada AJNN, Senin (20/8).

Saputra Rantona menyampaikan, berkaitan dengan ketentuan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Pasal 35 ayat (1) hurup c dan g.

Saputra menyebutkan, adapun data yang dimohonkan ke kementerian tersebut yakni Dokumen Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH), dokumen izin lingkungan dan AMDAL, serta dokumen surat keputusan izin usaha pertambangan operasi produksi PT Emas Mineral Murni di Nagan Raya dan Aceh Tengah.

Kata Saputra, data pertambangan tersebut diminta untuk dilakukan analisa lebih lanjut dan menelisik lebih jauh tentang kawasan pertambangan yang ada di Aceh Tengah dan Nagan Raya.

"Kita berharap dengan data ini dapat menjadi bahan pengawasan dan evaluasi masyarakat untuk melihat sejauh mana sudah dikerjakannya oleh perusahaan tersebut," pungkas Saputra Rantona.

Komentar

Loading...