Ucapan Idul Fitri PLN
Topik

Pemuda Aceh Besar dibekali menulis di Internet

·
Pemuda Aceh Besar dibekali menulis di Internet
1063090 10201440302274618 32481657 n, pelatihan jurnalistik
ACEH BESAR- Pengurus Solidaritas Mahasiswa Peduli (SOMAP) Aceh Besar bekerja sama dengan Komunitas MIT (Masyarakat Informasi dan Teknologi) mengadakan acara pelatihan Blog dan Jurnalistik Online bagi pemuda dan mahasiswa.

Acara ini berlangsung di Desa Cot Suruy, Aceh Besar Minggu (26/1) guna melatih para pemuda dan pelajar bagaimana cara untuk membuat tulisan atau artikel yang kemudian bisa diakses di internet.

Pemateri turut hadir dari Ketua MIT Aceh, Teuku Farhan yang diikuti oleh 20 peserta pemuda dan pemudi dari Aceh Besar. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini.

Salah satu dari para peserta mengatakan dengan diadakan pelatihan seperti ini, dirinya bisa tahu dan ingin mencoba untuk berbagi tulisannya di berbagai media  internet seperti Facebook, Twitter, Kompasiana dan Wordpress.

“Tulisan itu menceritakan identitas kita, maka kenali dulu identitas kita sebagai pemuda Aceh. Aceh itu unik dan punya identitas yang kuat dengan budaya Islamnya yang kental" ujarnya.

Dia memisalkan, budaya sapa di Aceh itu dengan cara mengangkat tangan dan memberi salam. Nah, budaya ini bisa ditulis agar orang lain tahu sehingga kita dapat saling menghormati dan menghargai budaya orang lain. Jika ini ditulis di Internet maka dampaknya akan besar, ada salah satu portal blog yang dikunjungi 180 ribu orang per hari, siapa yang sanggup mengumpulkan 180 ribu orang dalam sehari tanpa biaya? Cukup dengan Internet, tulisan kita dapat dibaca diantara 180 ribu orang yang mengunjungi blog tersebut. Sehingga, saat ini kita tidak cukup bersuara di Bumi dan langit, tapi juga di Internet, kata Teuku Farhan yang selama ini juga mengasuh program Mengenal IT di TVRI Aceh.

Pembina SOMAP, Fahrizal mengatakan para pemuda harus menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi agar tidak dilindas oleh zaman.

Dengan tema acara tumbuhkan minat dan bakat dalam menulis di media social, diharapkan pemuda yang mengikuti pelatihan tersebut dapat mengasah kemampuan dalam menulis, sehingga dapat menghasilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi masyarakat.


|RIL

Komentar

Loading...