Unduh Aplikasi

Pemko Lhokseumawe Diminta Kelola Hutan Mangrove Secara Maksimal

Pemko Lhokseumawe Diminta Kelola Hutan Mangrove Secara Maksimal
Ilutrasi: Foto: IDN Times

LHOKSEUMAWE - Pemerintah Kota Lhokseumawe diminta untuk mengelola hutan bakau (Mangrove) yang ada di kawasan muara sungai Cunda secara maksimal. Hal tersebut guna selain untuk mencegah kerusakan alam, ekosistem bakau juga bisa menjadi destinasi wisata andalan di kota tersebut.

Direktur Eksekutif Walhi Aceh Muhammad Nur mengatakan, pengelolaan hutan bakau yang maksimal mampu mencegah kerusakan alam khususnya di kawasan pesisir. Karena Mangrove merupakan salah satu ekosistem wilayah pesisir yang mempunyai manfaat ganda.

“Jadi dalam hal ini Pemko setempat segera menyiapkan sistem dan anggaran untuk mengelola hutan bakau tersebut. Selain itu, bentuk lembaga teknis untuk memastikan sistem pengelolaan berjalan dengan efektif,” kata M Nur kepada AJNN, Selasa (26/2).

Sementara itu, Duta Wisata Kota Lhokseumawe, Nana Hafizdhah mengatakan, jika hutan Magrove dijadikan objek wisata sangat menarik, karena objek wisata hutan tersebut tidak semua daerah ada, kecuali Kota Langsa. Terus, dengan adanya wisata hutan Mangrove ekonomi masyrakat sekitar Lhokseumawe pasti akan meningkat.

“Kalau dijadikan hutan Magrove sebagai objek wisata sangat menarik, khususnya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Lhokseumawe, meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, serta memikat daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Lhokseumawe, karena lokasi wisatanya banyak,” kata Nana.

Sambungnya lagi, lokasi hutan Magrove yang ada di Cunda tersebut juga sangat mendukung, karena tempat yang luas ditambah dengan kondisi waduk Pusong yang indah, perairan dan muaranya juga sangat luas, jadi kalau hutan Magrove di tanam lebih banyak lagi dan dijadikan objek wisata sangat menarik.

“Jadi lokasi wisata di situ bukan Cuma waduk saja tapi juga ada Magrove Lhokseumawe,” imbuh Nana.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...