Unduh Aplikasi

Pemkab Pidie Gelar Rakor Program Inovasi Desa

Pemkab Pidie Gelar Rakor Program Inovasi Desa
Foto: Ist

PIDIE - Pemerintah Kabupaten Pidie melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) meggelar rapat koordinasi (Rakor) Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Program Inovasi Desa (PID).

Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud dalam sambutannya mengatakan, program Inovasi Desa (PID) dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa yang diorientasikan untuk memenuhi target RPJM dan program perioritas Kemendes PDTT.

Dengan adanya tim inovasi kabupaten dapat berkolaborasi dengan tim pelaksana inovasi desa (TPID) sehingga nantinya akan dihasilkan suatu forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di gampong-gampong.

"Forum bersama ini dinamakan bursa inovasi gampong atau desa yang akan melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam membangun desa serta memberikan ide-ide yang kreatif," kata Fadhlullah pada acara Rakor TIK program inovasi desa Senin (1/7) di Aula SKB.

Melalui rakor tersebut, Wabup Pidie mengharapkan kepada semua unsur agar mendukung secara penuh program inovasi desa sehingga melalu program ini akan melahirkan inovasi-inovasi yang tepat dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat gampong.

"Hindari tumpang tindih, curiga mencurigai dan jauhi ego sektoral yang masih ada. Perkuat koordinasi, tingkatkan singkronisasi dan kembangkan harmonisasi," ingatkan Fadhlullah.

Kepala DPMG Pidie Jufrizal mengatakan, tim inovasi kabupaten (TIK) akan melakukan analisa dan evaluasi reguler atas pelaksanaan penyaluran dan penggunaan bantuan dari pemerintah tahun anggaran 2019.

Selain itu, TIK akan melakukan analisa dan evaluasi terhadap tim pelaksana inovasi desa dan melakukan perencanaan kegiatan pelaksanaan program inovasi desa.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin

Komentar

Loading...