Hasanudin
Unduh Aplikasi

Pemkab Pidie Bakal Bayar Gaji Guru Baca Tulis Alquran

Pemkab Pidie Bakal Bayar Gaji Guru Baca Tulis Alquran
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE - Pemerintah Kabupaten Pidie akhirnya menanggapi keluhan guru Baca Tulis Alquran (BTQ) yang selama ini nasibnya terkatung-katung pasca Provinsi Aceh tidak membayar lagi jeripayah mereka.

Diketahui, para guru BTQ telah mengabdi sebagai guru kontrak di bawah Provinsi Aceh sejak tahun 2009 lalu, dengan jerih dibayar Rp 650 perbulan. Namun, sejak dikeluarkan UU Nomor 23 Tahun 2014, pada Januari 2017 pembayaran jerih terhenti.

Pemerintah Aceh telah melimpahkan wewenang kepada Pemerintah Pidie, pada tanggal 16 Maret 2017. Namun sampai sekarang belum ada kejelasan menyangkut pembayaran jerih.

Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud mengatakan Pemerintah Pidie akan tetap memakai jasa para guru BTQ dan membayar jeripayah sesuai kemampuan daerah. Imbalan jasa tetap mereka terima meski tidak sepadan seperti dibayar Provinsi Aceh sebelumnya.

"Kemampuan keuangan daerah terbatas. Namun yang pasti kami tetap akan membantu mereka," katanya.

Dia mengaku semenjak menjabat sebagai Wakil Bupati Pidie, baru pertama kali menerima dan mendengar langsung secara utuh keluhan guru BTQ.

"Setelah mendengar keluhan mereka secara utuh, maka kami akan mengkaji lebih serius untuk terus memanfaatkan tenaga mereka dalam rangka mencerdaskan anak-anak di sekolah dalam memahami alquran," ujarnya.

Menurutnya, kehadiran guru BTQ sangat dibutuhkan untuk membantu menuntaskan buta huruf Alquran bagi anak-anak di Pidie dan kehadiran mereka juga selaras dengan visi, misi Pemerintah Kabupaten Pidie.

"Kami harapkan generasi muda Pidie tidak ada lagi yang buta huruf Alquran dan buta huruf laten," kata Fadhlullah.

Adi Maros
Gratis Bea Balik Nama Non BL - SAMSAT Aceh
Gayo Alas Mountain Int Fest 2018

Komentar

Loading...