Unduh Aplikasi

Pemkab Aceh Selatan Didesak Serius Selesaikan Polemik Asrama Naga Sakti

Pemkab Aceh Selatan Didesak Serius Selesaikan Polemik Asrama Naga Sakti
Foto: Ist

ACEH SELATAN - Himpunan Mahasiswa Aceh Selatan (HAMAS) Banda Aceh dan Aceh Besar meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan serius menyelesaikan status kepemilikan tanah asrama Naga Sakti Aceh Selatan di kawasan Lampineung, Banda Aceh.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kesejahteraan Mahasiswa HAMAS, Rasyid Ridha, disela-sela momen silahturahmi hari raya Idul Adha 1440 H, dengan Wakil Bupati Aceh Selatan di pendopo wakil bupati setempat, Senin (12/8) lalu.

"Keberadaan asrama tersebut selama ini, merupakan salah satu faktor pembantu bagi mahasiswa yang kurang mampu untuk kuliah di Banda Aceh dan Aceh Besar," ungkap Rasyid Ridha kepada AJNN, Rabu (14/8).

Menurut Ojha-sapaan Rasyid Ridha- hal ini merupakan bentuk penyampaian aspirasi mahasiswa Aceh Selatan mengenai status asrama Naga Sakti yang menjadi isu hangat di kalangan mahasiswa tetang penyelesaiannya.

Sementara itu ia juga mempertanyakan, sejauhmana usaha yang dilakukan Pemerintah Aceh Selatan untuk penyelesaian polemik asrama tersebut yang menjadi janji pasangan Azam ketika masa kampanye pilkada lalu.

"Dan juga Kami berharap keseriusan pemerintah dalam penyelesaian polemik asrama tersebut" ujarnya.

Kemudian kata Ojha, dalam pertemuan itu Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten setempat akan segera meluruskan status kepemilikan tanah asrama Naga Sakti tersebut dengan pihak Pemerintah Aceh.

Namun, apabila langkah tersebut tidak juga menemukan hasil, maka Pemkab Aceh Selatan akan mencari alternatif lain. Langkah yang akan diambil yaitu membangun asrama yang baru dan tidak lagi terfokus kepada dinamika status kepemilikan tanah yang terus berpolemik selama ini.

"InshaAllah tahun ini dinamika asrama ini akan selesai. Mulai tahun 2020 lokasi dan pembangunan asrama akan dimulai dengan cara bertahap. Dalam periodesasi HAMAS kali ini akan mulai membangun asrama untuk mahasiswa aceh selatan. walupun satu lantai, tetapi kita sudah memulai," kata Tgk Amran.

Sementara itu, Ketua HAMAS Mitra Saiputra menambahkan jika isu ini sudah menjadi isu musiman, yang sering muncul sewaktu proses pemilihan kepala daerah dalam penyampaian orasi kampanye kepada mahasiswa.

Salah satu aspirasi dasar mahasiswa aceh selatan ialah ingin diperjelasnya status asrama Naga Sakti yang selama ini menjadi tumpuan mahasiswa yang kurang mampu untuk menyelesaikan kuliah di Banda Aceh maupun Aceh Besar.

"Alhamdulillah Pemerintahan AZAM saat ini memberikan perhatian khusus terhadap isu ini. Kami berharap perhatian ini tidak menjadi angin segar saja kepada para mahasiswa Aceh Selatan di Banda Aceh," pungkasnya.

HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...