Hasanudin
Unduh Aplikasi

Pemerintahan Dalam Belenggu Utang

Pemerintahan Dalam Belenggu Utang
ilustrasi

DI Tengah besarnya anggaran yang dikelola Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, kabupaten kaya ini tak mampu menjadikan dirinya berdaya. Bahkan kekayaan itu berubah menjadi beban utang yang harus ditanggung. Nilainya pun cukup besar, yakni Rp 173,6 miliar lebih. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar Rp 30 miliar yang tertampung, rencananya, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja 2018.

Utang ini menunjukkan pemerintah kabupaten tak tak mampu mengelola keuangan daerah. Meski mereka berkilah hal ini disebabkan pengurangan jumlah Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil Pajak dan Bukan Pajak dengan Pemerintah Pusat pada APBN Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2017, tetap saja nilainya tidak sepadan dengan jumlah utang yang harus dibayarkan.

Untuk menutup anggaran ini, sebenarnya perlu keberanian dari pemerintah kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Utara. Dua pihak ini harus mampu menekan keinginan dan menggantinya dengan kebutuhan. Karena itu, pemerintah dan legislatif mengubah cara pandang. Utang juga harus dianggap sebagai kebutuhan yang harus segera dilunasi.

Wacana pemerintah kabupaten untuk menyeleksi ulang 1.845 tenaga kontrak yang habis masa kerjan Desember 2017 adalah salah satu upaya konkret yang dapat ditempuh. Apalagi, seleksi ini sesuai dengan instruksi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Rasionalisasi ini juga harus disertai dengan keinginan untuk menghadirkan pelayanan maksimal dengan memaksimalkan jumlah pegawai yang ada. Apalagi, banyak pegawai kontrak yang tidak efektif dan hanya menjadi beban keuangan daerah. Namun hendaknya, penghematan juga perlu dilakukan oleh pemerintah dan legislatif.

Pemerintah dan politikus di parlemen daerah perlu berhemat. Mereka harus mau mengurangi jumlah belanja yang tidak mendesak dan hanya menganggarkan uang untuk kebutuhan penting. Kunjungan ke luar negeri, atau dana aspirasi mungkin dapat dikurangi. Tanpa keinginan untuk berubah, tentu sulit melihat Aceh Utara berdaya dengan kekayaan yang mereka miliki.

Adi Maros
Gratis Bea Balik Nama Non BL - SAMSAT Aceh
Gayo Alas Mountain Int Fest 2018

Komentar

Loading...