Unduh Aplikasi

Pemerintah Harus Tingkatkan SDM Kesehatan

Pemerintah Harus Tingkatkan SDM Kesehatan
Petugas medis (Ilustrasi).Foto:Net

LHOKSEUMAWE - Pemerintah Kota Lhoksumawe dan Aceh Utara harus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil di Bidang Kesehatan. Peningkatan SDM dinilai penting karena menyangkut kualitas penanganan dan pelayanan Kesehatan yang dinilai belum memuaskan.

“Untuk layanan terhadap masyarakat sejauh ini sudah baik, baik itu di rumah sakit ataupun Puskesmas. Apalagi selama ini hampir semua fasilitas kesehatan sudah terakreditasi,” kata pemerhati kesehatan dan aktivis kebencanaan, Yusra saat dikonfirmasi AJNN, Senin (12/11).

Hal itu disampaikan Yusra tekait peringatan Hari Kesehatan Nasional (HSN) yang diperingati setiap 12 November setiap tahunnya.
Menurut Yusra, kualitas tenaga medis yang baik turut berdampak pada tumbuhnya kualitas layanan yang baik kepada masyarakat.

"Komunikasi yang baik dengan masyarakat dan yang terpenting yaitu sosialisasi, seperti penyuluhan kesehatan kepada masyarakat harus ditingkatkan,"ujarnya.

Yusra mengatakan penyuluhan dan sosialisasi merupakan faktor yang tidak kalah penting dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat di Aceh tentang pentingnya hidup sehat. Dikatakan banyak cara yang dapat dilakukan pemerintah dalam mensosialisasikan program-program kesehatan apalagi saat ini media telah tumbuh pesat.

"Sosialisasi bisa kita lakukan misalnya melalui iklan di media, baik itu radio, televisi, media cetak dan online. Selain itu juga bisa memasang banner, baliho dan vediotron,” ungkap Yusra.

Yusra berharap, petugas kesehatan juga harus menerapkan sistem jemput bola atau dengan mengunjungi rumah masyarakat (home visit). Intinya, tidak hanya menunggu orang berobat ke Puskesmas. Bahkan hal itu harus menjadi momentum untuk peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat,"kata Yusra.

 

Komentar

Loading...