Unduh Aplikasi

Pemerintah Aceh Janji Bakal Lanjutkan Moratorium Tambang

Pemerintah Aceh Janji Bakal Lanjutkan Moratorium Tambang
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh berjanji bakal melanjutkan Intruksi Gubernur (Ingub) Aceh tentang moratorium pertambangan. Hal itu sudah dibuktikan dengan adanya pengakhiran sebanyak 98 Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Aceh.

Komitmen itu disampaikan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah melalui Juru Bicara Pemerintah Aceh Wiratmadinata dan Karo Humas dan Protokol Setda Aceh, Rahmad Raden disela-sela konferensi pers tentang tindaklanjut terkait PT EMM yang mendapat penolakan dari masyarakat, di kantor Bappeda Aceh, Senin (22/4).

"Jadi kita komit pada moratorium tambang, pak Gubernur sejalan dengan gagasan itu, kita akan terus moratorium," kata Wiratmadinata.

Untuk diketahui, Ingub Aceh nomor 05/INSTR/2017 yang ditandatangani oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf tentang perpanjangan moratorium izin usaha pertambangan mineral logam dan batubara sudah berakhir pada 15 Juni 2018 lalu. Namun, hingga saat ini belum dilalukan perpanjangan.

Sejalan dengan komitmen tersebut, terang Wira, bisa dilihat dari adanya Surat Keputusan (SK) Gubernur Aceh tentang pengakhiran terhadap 98 Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Provinsi Aceh.

"Itu bahagian komitmen Pemerintah, apalagi kalau emas dan dapat merusak lingkungan," ungkapnya.

Hal senada juga diutarakan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Rahmad Raden menuturkan bahwa Pemerintah Aceh tidak menjadikan sektor pertambangan sebagai prioritas, dirinya menegaskan pemerintah konsisten tidak dengan tambang.

"Kalau boleh tegas, tambang tidak," pungkasnya.

Komentar

Loading...