Pemerintah Aceh Anggarkan seratus miliar lebih bangun jalan Keude Trumon - Buloh Seuma

BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan bahwa Pemerintah Aceh, telah mengucurkan anggaran lebih seratus miliar rupiah untuk pembangunan jalan tembus mulai dari Keude Trumon sampai Buloh Seuma yang bersumber dari APBA 2014 dengan sistem penganggaran multiyears.

“Selama ini, Pemkab Aceh Selatan juga telah memprogramkan pembangunan pasar dan beberapa infrastruktur lain di Buloh Seuma, bersumber dari APBK 2014, ini merupakan bentuk perhatian khusus Pemerintah Aceh dan Pemerintah Aceh Selatan terhadap Buloh Seuma,” kata Gubernur Aceh, Zaini Abdullah saat meninjau kemajuan pembangunan jalan tembus pedalaman Buloh Seuma, Kecamatan Trumon, Aceh Selatan, Jum’at (4/9).

Untuk konektivias dan pemerataan pembangunan Bumi Tanah Rencong, kata Gubernur, Pemerintah Aceh juga telah mengelontorkan anggaran Rp. 2,8 Triliyun. Dana yang tidak sedikit itu diperuntukkan untuk membangun 14 ruas jalan dan jembatan. Ruas jalan yang akan dibangun tersebut adalah Jantho – Lamno Aceh Besar 60 Km, Pembangunan Jalan Simpang Krueng Geukuh menembus Batas Bener Meriah 45 Km, Pembangunan Jalan Peureulak Lokop Aceh Timur 86 Km dan Pembangunan Jalan Sp. Tritit - Pondok Baru - Samar Kilang – Peunaron Bener Meriah 120 Km, Pembangunan Jalan Bener Meriah - Bts. Aceh Utara 45 Km.

“Kemudian Pembangunan Jalan Jeuram - Lhokseumot - Beutong Ateuh sepanjang 111 Km, Pembangunan Jalan Genting Gerbang - Ceulala - Beutong Ateuh, Pembangunan Jalan Blang Kejeren - Pinding – Lokop 84 Km, dan Pembangunan Jalan Sp. Lawe Deski - Muara Situlan – Gelombang Aceh Tenggara 5 Km,” ujarnya Selain itu ada ruas Pembangunan Jalan Babah Rot sampai Batas Gayo Lues 119 Km, selanjutnya pembangunan Jalan Blang Kejeren tembus ke Abdya, Pembangunan Jalan Ie Mirah - Lama Muda 45 Km dan Pembangunan Jalan Seurafon - Lewak – Sibigo Simeulu 185 Km.

“Semoga uang yang sudah begitu besar dianggarkan ini bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat Aceh,” harap Zaini Abdullah.

Dihadapan warga, Gubernur menjelaskan capaian program prioritas Pemerintah Aceh, termasuk program JKRA, pembangunan dayah dan masjid serta pemberian beasiswa pendidikan untuk generasi muda Aceh.

“Pemerintah Aceh juga akan memberikan biaya pendidikan gratis untuk anak yatim dan menyiapkan beasiswa kepada putra-putri Aceh yang berprestasi untuk melanjutkan S2 dan S3 dalam dan luar negeri,” terang Doto Zaini, sembari mengajak warga Buloh Seuma untuk meneruskan program penguatan Syariat Islam.

Diakhir sambutannya, mantan Menlu GAM itu juga berpesan, agar seluruh komponen Aceh Selatan bersatu padu membangun dan mensejahterakan rakyat Buloh Seuma.

“Manfaatkan semua potensi ekonomi yang ada di daerah ini. Insya Allah dengan ikhtiar dan kerja keras kita bersama maka perputaran ekonomi dan kesejahteraan masyarakat akan segera kita capai” tandasnya.

Doto Zaini memprediksi, rute Buloh Seuma akan banyak dilintasi berbagai kendaraan dari Aceh Selatan menuju ke Aceh Singkil dan sebaliknya. Apalagi, potensi sumber daya alam di Kemukiman Buloh Seuma melimpah ruah, terutama sektor perkebunan, pertanian, kelautan, perikanan dan lebah madu.

|Hendra|
Sail Sabang 2017 Humas Provinsi Aceh
MTQ XXXIII 2017
data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...