Unduh Aplikasi

PDAM Tirta Meulaboh Janji Lunasi Tunggakan Listrik Rp 1,4 Miliar

PDAM Tirta Meulaboh Janji Lunasi Tunggakan Listrik Rp 1,4 Miliar
Direktur PDAM Tirta Meulaboh memantau pipa induk yang patah di Desa Suak Ribe, Kecamatan Johan Pahlawan. Foto: AJNN.Net/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Meulaboh berjanji dalam tahun ini akan segera melunasi tunggakan listrik tahun 2017 yang berkisar Rp 1,4 miliar kepada PLN ULP Meulaboh.

Direktur PDAM Tirta Meulaboh, Hamdani mengatakan pelunasan hutang tersebut tinggal menunggu disahkannya qanun terkait penyertaan modal daerah pada perusahaan air minum plat merah tersebut oleh Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat.

“Terkait dengan poin yang ada dalam regulasi itukan sudah dibahas dan disetujui, tinggal pengesahan. Begitu disahkan maka anggaran penyertaan modal tersebut sudah bisa kami gunakan untuk membayar tunggakan listrik,” kata Hamdani kepada wartawab, Rabu (12/6).

Dikatakan Hamdani, jumlah keseluruhan dana penyertaan modal dari pemerintah daerah tersebut senilai Rp 2 miliar, dimana Rp 1,4 miliar akan digunakan untuk melunasi tunggakan listrik, sedangkan Rp 600 juta untuk operasional atau kegiatan perusahaan tersebut.

Baca: PLN Tak Putuskan Aliran Listrik PDAM Tirta Meulaboh Meski Menunggak Setahun

Menurutnya dana operasional Rp 600 juta itu nantinya, selain digunakan untuk operasional juga akan digunakan untuk pembenahan dan perbaikan jaringan pipanisasi induk air minum untuk saluran kepemukiman warga yang dianggap tidak layak digunakan.

“Kami juga akan benahi jaringan pipa PDAM dengan sisa Rp 600 juta tersebut, agar pelanggan nyaman dengan pelayanan kita,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota DPRK Aceh Barat, Herman Abdullah, mengakui untuk qanun penyertaan modal PDAM sudah selesai dibahas ditingkat dewan bersama dengan pemerintah kabupaten setempat, namun saat ini sedang dikoreksi Pemerintah Aceh.

Anggota Komisi A tersebut belum bisa memastikan hingga sampai kapan koreksi yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh itu selesai dan disetujui, namun menurutnya hingga saat ini mereka sedang menunggu hasil tersebut.

“Saat ini kami sedang menunggu hasil koreksi itu. Kalau tahun ini tidak selesai, maka penyertaan modal pemerintah daerah untuk PDAM Tirta Meulaboh bisa gagal,” ujarnya.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...