Unduh Aplikasi

PBB Cari Dana Rp 765 M Untuk Bantu Korban Gempa-Tsunami Palu

PBB Cari Dana Rp 765 M Untuk Bantu Korban Gempa-Tsunami Palu
Kerusakan akibat gempa dan tsunami di Palu. Foto: Getty Images, detikcom

JAKARTA - Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan tengah mencari dana US$ 50,5 juta (sekitar Rp 765 miliar) dari komunitas internasional untuk bantuan segera kepada para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

PBB menyatakan rencana itu dikembangkan melalui konsultasi dengan para pejabat pemerintah Indonesia. Rencana PBB tersebut menjabarkan "bagaimana komunitas kemanusiaan yang bekerja di Indonesia akan memberikan bantuan teknis yang ditargetkan."

Lebih dari 1.500 orang tewas dalam bencana gempa dan tsunami yang menerjang Palu dan sekitarnya pekan lalu. Bahkan seribuan orang lainnya kemungkinan masih hilang.

"Rencana PBB bertujuan untuk memberikan bantuan kepada 191 ribu orang selama tiga bulan ke depan," demikian pernyataan yang dikeluarkan PBB, Sabtu (6/10/2018).

Menurut perkiraan PBB, sekitar 65 ribu rumah telah mengalami kerusakan, termasuk 10 ribu rumah yang hancur total akibat tsunami dan 15 ribu rumah yang rusak parah akibat gempa bumi di Sulteng.

"Satu pekan setelah bencana tersebut, skala penuh bencana dan kebutuhan-kebutuhan menjadi semakin jelas," ujar Anita Nirody, UN Resident Coordinator di Indonesia.

"Orang-orang yang terdampak, khususnya mereka yang telah kehilangan rumah mereka dan semua barang-barang mereka, membutuhkan tempat berlindung, akses ke air bersih, layanan kesehatan dan dukungan psikososial," imbuh Nirody.

"Dana yang diminta itu akan memungkinkan komunitas kemanusiaan internasional untuk lebih efektif mendukung respons pemerintah dan organisasi-organisasi lokal," tandasnya.

Komentar

Loading...