Unduh Aplikasi

KASUS MARK UP PEMBELIAN TANAH RUMAH GURU

Paya Seunara Ditetapkan, Negara Dirugikan

Paya Seunara Ditetapkan, Negara Dirugikan
Potongan SK Penetapan  lokasi pengadaan tanah untuk pembangunan rumah guru

BANDA ACEH - Kasus mark up pengadaan tanah untuk pembangunan kompleks perumahan guru Kota Sabang kini sedang ditangani Kejaksaan Tinggi Aceh dan sudah menetapkan dua tersangka yakni bekas Wali Kota Sabang Zulkifli Adam dan Sekretaris Panitia Pengadaan Tanah, Misman Muhammad.

Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh Chaerul Amir menyebutkan Proses-proses pengadaan tanah itu tidak sesuai prosedur, Zulkifli Adam yang saat itu sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Sabang mengunakan kewenangannya untuk mengalihkan pengadaan tanah ke milik pribadinya.

Baca: Kiat Untung Berujung Buntung

"Saat pembahasan pagu anggaran untuk pengadaan tanah sebesar Rp 1,6 milliar, saat itu ZA masih menjadi anggota DPRK Sabang," sebutnya.

SK Penetapan  lokasi pengadaan tanah untuk pembangunan rumah guru

Baca: Pengadaan Tanah Sengaja Diarahkan ke Tanah Milik Bekas Wali Kota Sabang

Berdasarkan dokumen yang diperoleh AJNN, lokasi pengadaan tanah untuk pembangunan rumah guru itu ditetapkan melalui Keputusan Wali Kota Sabang Nomor 590/414/2012 yang ditandatangani Pj Wali Kota Sabang Zulkifli HS pada tanggal 1 Juni 2012.

SK Penetapan  lokasi pengadaan tanah untuk pembangunan rumah guru

Keputusan itu diterbitkan dengan memperhatikan proposal Kepala Dinas Pendidikan Kota Sabang tentang pembebasan lahan untuk pembangunan rumah guru dalam Kota Sabang, risalah pertimbangan teknis pertanahan dalam penetapan lokasi Nomor 01/RPTP/2012 tanggal 23 Mei 2012 untuk pembangunan rumah dinas guru di Kecaamatan Suka Jaya dan risalah pertimbangan teknis pertanahan dalam penetapan lokasi Nomor 02/RPTP/2012 tanggal 23 Mei 2012 untuk pembangunan rumah dinas guru di Kecaamatan Sukakrya Kota Sabang.

Risalah pertimbangan teknis pertanahan

Dalam SK itu secara jelas disebutkan lokasi pengadaan tanah untuk pembangunan rumah dinas guru di lingkungan Cot Damar Gampong Paya Seunara Kecamatan Sukakarya dan lingkungan Blang Tunong Gampong Balohan Kecamatan Sukajaya dengan melampirkan peta lokasi. Dalam SK itu juga ditegaskan penetapan lokasi tersebut menjadi dasar pembebasan tanah oleh Dinas Pendidikan Kota Sabang untuk pembangunan rumah dinas guru.

Komentar

Loading...