Pasca Lebaran, Harga Cabai di Banda Aceh Turun

Pasca Lebaran, Harga Cabai di Banda Aceh Turun
BANDA ACEH - Pasca lebaran Idul Adha, harga sejumlah komoditi bahan masakan di Banda Aceh turun signifikan. Sebelumnya, menjelang Idul Adha, harga sejumlah bahan pokok seperti cabai merah sempat melambung hingga Rp 70 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang di pasar Peunayong Banda Aceh, Boy, kepada AJNN mengatakan, harga cabai merah kini turun menjadi Rp 45 ribu per kilogram. Hal serupa juga terjadi pada komoditas sejenis, yakni cabai hijau yang semula Rp 50 ribu per kilogram kini merangkak turun menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

Kendati demikian, diakui Boy, harga cabai merah dan hijau tersebut masih tergolong mahal dari harga normal.
Sementara itu, harga beras dan beberapa komoditas seperti bawang, tomat dan wortel masih berada pada harga normal.

Nazarli--salah seorang pedagang ditemui AJNN juga mengatakan, harga beras biasanya masih normal pada Juni hingga Oktober. Pasalnya, pada waktu tersebut di sejumlah daerah di Aceh, seperti di Meulaboh dan Aceh Besar sedang musim panen.

“Kenaikan harga beras biasa terjadi di Desember hingga Mei,” kata Nazarli, Senin (19/9).

Dikatakan, kenaikan harga beras tersebut karena saat itu masa panen telah selesai. Sehingga pemasokan beras ke pasaran akan berkurang. Namun, tambah Nazarli, faktor gagal panen juga merupakan salah satu penyebab tingginya harga beras.

ZAHRINA
Sail Sabang 2017 Humas Provinsi Aceh
MTQ XXXIII 2017
data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...