Unduh Aplikasi

Pasca-Idul Fitri, Harga Cabai Merah di Pasar Lambaro Masih Tinggi 

Pasca-Idul Fitri, Harga Cabai Merah di Pasar Lambaro Masih Tinggi 
Cabai Merah yang dijual di pasar Lambaro Aceh Besar. Foto: AJNN.Net/Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Sejak dua hari menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah sampai hari ini, harga cabai merah di pasar induk Lambaro Aceh Besar melonjak tinggi, bahkan pernah mencapai Rp80 ribu perkilogram.

Kenaikan harga cabai merah di Pasar Lambaro tersebut mencapai tiga kali lipat dari hari-hari biasanya, dimana harga sebelumnya hanya berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp25 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang cabai di pasar Lambaro, Ferdi mengatakan, harga cabai merah di pasar Lambaro saat ini mulai Rp60 ribu sampai Rp65 ribu perkilogram, sedikit turun dari dua hari sebelumnya yang mencapai Rp80 ribu per kilonya.

"Sudah sedikit turun hari ini, kalau dua hari lalu mencapai Rp80 ribu perkilogram, dan bahkan kemarin juga masih tinggi harganya, Rp70 ribu satu kilo," kata Ferdi saat ditemui wartawan, Rabu (19/6).

Ferdi menuturkan, kenaikan harga cabai di pasar induk itu dialami sejak dua hari menjelang lebaran Idul Fitri. Melonjaknya harga ini dipengaruhi karena kurangnya pasokan cabai dari Sumatera Utara. 

"Kita ambil cabai merah ini kan dari Sumatera Utara, karena pasokan kurang, makanya harga sedikit mahal," ujarnya.

Tak hanya cabai merah, untuk cabai hijau juga masih tergolong tinggi, berkisar antara Rp30 ribu sampai Rp35 ribu perkilogram. Ketika normal, maka harganya Rp20 ribu perkilogram. 

Tingginya harga cabai ini tidak terlalu mempengaruhi tingkat pembeli di pasar Lambaro, bisa dikatakan masih tetap stabil seperti biasanya. Namun, hanya jumlahnya saja yang dikurangi.

"Pembeli cabai di Aceh Besar masih ramai. Tetapi pembeli mengurangi jumlah yang mereka beli dari biasanya," imbuh Ferdi.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin

Komentar

Loading...