Ucapan Idul Fitri PLN
Topik

Pasca Banjir, Harga Beras di Aceh Barat Naik

·
Pasca Banjir, Harga Beras di Aceh Barat Naik
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT - Harga beras lokal 1A atau beras kebanyakan mengalami kenaikan sekitar 14,7 persen atau Rp 1.467 perkilogramnya, Senin (14/11). Pasalnya pada minggu lalu, harga beras dijual Rp 10.533 per kilogramnya, namun minggu ini menjadi Rp 12 ribu.

Kepala Dinas Koperas Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Barat, Said Fauzi mengatakan kenaikan harga beras disebabkan banjir yang melanda Aceh Barat beberapa hari yang lalu, sehingga pemasokan beras menjadi terkendala.

“Penyebabnya banjir, apalagi beras kebanyakan dipasok dari Pidie sehingga membuat terkendala dalam pasokan, apalagi Jalan Meulaboh-Tangse terjadi kerusakan pasca banjir kemarin,” kata Said Fauzi.

Dirinya menambahkan, kenaikan harga beras tersebut baru tejadi pada Minggu (13/11), kemarin dan diprediksikan dalam beberapa hari ini akan stabil kembali mengingat pasokan yang ada mencukupi di pasaran.

Meski demikian, kata dia, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap harga beras tersebut dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait serta dengan Badan urusan Logistik Divisi Regional (Bulog Divre) Meulaboh.

“Kalau nanti kenaikan ini bertahan lama maka kami akan koordinasi dengan instansi terkait terutama dengan bulog terkait harga, sehingga dapat dilakukan operasi pasar untuk menekan harga,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk harga beras jenis 1B atau beras pengasingan hanya naik sekitar Rp 67 rupiah, dimana harga minggu lalu Rp 10.466 per kilogramnya dan minggu ini dijual seharga Rp 10.533, sedangkan untuk jenis beras medium hingga saat ini masih stabil yakni Rp 7.333 ribu

Komentar

Loading...