Unduh Aplikasi

Partai Tebar Pesona

Partai Tebar Pesona
ilustrasi

HASIL survei tentang partai politik di berbagai lembaga mengerucut pada kesimpulan yang sama. Umumnya, masyarakat enggan memilih partai politik. Bahkan sebagian besar di antara mereka tidak percaya terhadap kemampuan partai politik untuk meningkatkan kualitas hidup karena budaya politik y ang buruk.

Jika menilik tindak tanduk partai politik selama ini, hasil yang dituai dari pelbagai survei tersebut tidaklah mengejutkan. Akibat dari ketidakpercayaan itu, masyarakat semakin menjauh dari partai politik yang para pengurusnya asyik sendiri mengurusi keuntungan bagi keluarga dan afiliasinya ketimbang mengurusi rakyat.

Di sisi lain, masyarakat juga hampir tak percaya dengan kemampuan pemerintah untuk melaksanakan janji-janji tentang kesejahteraan. Banyaknya para pejabat, dari tingkat geuchik hingga kepala dinas, yang terjerat kasus korupsi. Di tingkat pemerintah, hampir tak ada figur yang bisa dijadikan teladan; pemimpin ideal yang mampu menyatukan seluruh kalangan di Aceh.

Hal ini seharusnya menjadi perhatian bersama. Jika dibiarkan terus terjadi, kondisi ini akan berdampak buruk pada kehidupan bermasyarakat di Aceh. Di tingkat partai politik, misalnya, harus ada perubahan nyata dari program dan cara partai mengelola program tersebut.

Satu di antaranya adalah keterbukaan. Partai-partai politik di Aceh perlu mempublikasikan keuangan mereka secara transparan kepada masyarakat. Dari tingkat gampong hingga provinsi. Program-program yang mereka jalankan juga harus dilakukan secara terukur, sesuai dengan garis kebijakan dan arah perjuangan politik masing-masing partai.

Dengan demikian, partai politik akan menjadi alat kontrol yang efektif bagi kebijakan pemerintah. Kekuatan partai politik, yang sepertinya terus tergerus, baik dari dalam maupun dari luar, harusnya menjadi penyeimbang agar pemerintah benar-benar menjalankan tugas dengan baik dan amanah.

Partai politik harus memiliki gagasan dan kader-kader yang kuat. Ini semua tak bisa dibentuk lewat spanduk atau baliho besar bertuliskan ucapan selamat tempat para pengurus atau kader partai numpang beken, memajang foto diri raksasa, tanpa membayar pajak.

Partai perlu menumbuhkan semangat berpolitik dari tingkatan paling bawah. Mendorong partisipasi masyarakat untuk berpolitik dengan cara santun dan elegan. Pengurus dan kader partai politik jangan hanya pandai tebar pesona.

Radio Baiturrahman

Komentar

Loading...