Insentif PKB - BPKA 2019
Unduh Aplikasi

Panwaslih Tertibkan Sejumlah Alat Peraga Kampanye di Aceh Timur

Panwaslih Tertibkan Sejumlah Alat Peraga Kampanye di Aceh Timur

ACEH TIMUR - Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) di sepanjang jalan lintas negara Medan - Banda Aceh dalam Kabupaten Aceh Timur ditertibkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang dibantu Kepolisian setempat.

Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Timur Maimun mengatakan, penertiban APK yang dilakukan dengan melibatkan Satpol PP tersebut guna menindaklanjuti pelanggaran yang dilakukan oleh setiap peserta pemilu di wilayah kerja Bawaslu Kabupaten Aceh Timur, guna menjalankan proses pemilihan umum sesuai tahapan, serta sejalan dengan UU nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan Bawaslu tentang pengawasan.

"Seluruh APK yang kita tertibkan tersebut melanggar aturan karena ini belum memasuki tahapan kampanye, sehingga alat peraga kita amankan, sebelumnya kita dari Bawaslu Aceh Timur juga telah mengirim surat kepada masing-masing partai politik peserta pemilu, dan sebagian ada yang telah dipindahkan, namun sebagian juga masih terpasang sehingga kita melakukan penertiban ataupun pembongkaran pada hari ini," ujar Maimun kepada AJNN, Selasa (17/4).

Maimun juga menambahkan, sebagaimana dasar PKPU nomor 7 tahun 2017 yang diubah dengan PKPU 5 tahun 2018 menyangkut tahapan, program dan jadwal, Panwaslu Aceh Timur telah dua kali menyurati partai politik untuk menghimbau agar tidak melakukan kampanye di luar jadwal alias curi start kampanye.

"Salah satu metode kampanye yang dilakukan adalah dengan pemasangan APK yang berbau kampanye, dan penertiban APK hari ini yakni berupa spanduk, baliho dan poster," imbuh Maimun.

Khanduri Laot
GANN

Komentar

Loading...