Unduh Aplikasi

Panwaslih Aceh Utara Minta KIP Masukan Nama Caleg SIRA dan PPP

Panwaslih Aceh Utara Minta KIP Masukan Nama Caleg SIRA dan PPP
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH UTARA - Panwaslih Aceh Utara akhirnya mengabulkan permohonan Caleg dari Partai Sira, Muhammad Yusuf, untuk dimasukkan ke dalam Daftar Caleg Tetap (DCT) oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat.

Sebelumnya, KIP Aceh Utara mencoret Muhammad Yusuf dari DCT untuk pemilu 2019. Ia dicoret dengan alasan karena ada sengketa mengenai sekolah menengah atas (SMA).

Termohon menggunakan ijazah Pasantren, sementara lembaga pendidikan itu sudah sudah mati. Namun ijazah termohon berleges oleh Kementerian Agama, juga disahkan oleh lembaga Pendidikan Badan Dayah Provinsi Aceh. Dengan alasan itu kemudian KIP mencoret termohon dari DCT.

Pada sidang putusan terakhir itu, Komisioner KIP Aceh Utara tidak hadir. Putusan itu dibacakan pada sidang ajudikasi yang berlangsung di Kantor Panwaslu Aceh Utara, Lhoksukon, Rabu (10/10) sekitar pukul 14.40 WIB.

Sidang tersebut dipimpin Komisioner Panwaslih, Safwani, Muhammad Nur Furqan, Yusriadi.

“Panwaslih membatalkan putusan KIP Aceh Utara, termohon Muhammad Yusuf memenuhi syarat sebagai Calon Legeslatif,” kata Yusriadi dalam persidangan.

Yusriadi mengungkapkan ijazah termohon itu sah, juga dileges oleh Kemenag Aceh. Sehingga pihaknya merekomendasikan agar KIP memasukkan termohon ke DCT.

Sebelumnya, calon anggota legislatif Aceh Utara dari PPP, Tgk. Nurdin, juga mendaftarkan permohonan sengketa penetapan DCT Pemilu 2019 ke Panwaslih.

Tgk. Nurdin menggugat SK KIP Aceh Utara tentang Penetapan DCT Anggota DPRK, karena nama dirinya tidak masuk dalam DCT itu.

Panwaslih Aceh Utara menggelar mediasi untuk menyelesaikan sengketa DCT itu. Akan tetapi, mediasi berakhir buntu atau tidak tercapai kata sepakat antara pemohon dan termohon. Sengketa itu pun dilanjutkan ke sidang adjudikasi (ajudikasi).

Akhirnya, Panwaslih Aceh Utara mengabulkan permohonan Tgk. Nurdin, agar dimasukkan dalam DCT Pemilu 2019 oleh KIP setempat.

Komentar

Loading...