Unduh Aplikasi

Panen Narkoba di Bulan Mulia

Panen Narkoba di Bulan Mulia
ilustrasi: Rumah Cemara

BADAN Narkotika Nasional (BNN) menggerebek sebuah rumah di Aceh Tamiang dan menemukan sekitar 17 kilogram sabu-sabu. 5 kilogram didapati di dalam kamar dan sisanya ditemukan di garasi rumah.

17 kilogram sabu-sabu itu bernilai Rp 34 miliar itu adalah bagian dari pengedar narkoba internasional yang sejak lama menancapkan kuku dan memainkan pengaruh di Aceh. Mereka masuk dari jalur laut yang tak terkawal, terutama di pantai timur Aceh.

Dari sini, sabu-sabu itu akan diedarkan di Aceh dan ke luar Aceh. Dan bukan rahasia, di kalangan pengedar dan pengguna narkoba, jika Aceh saat ini menjadi salah satu “gudang” sabu-sabu.

Hari-hari saat umat Islam melaksanakan ibadah puasa dan bersiap menunggu kedatangan Idul Fitri adalah saat yang digunakan para bandar narkoba untuk beraksi. Bak pasar-pasar modern dan tradisional yang kebanjiran stok sembako atau pakaian, para bandar juga menjadikan bulan mulia ini sebagai ajang menyebar barang dagangan mereka.

Para bandar memanfaatkan peredaran uang meningkat dari hari biasa untuk mendongkrak penjualan mereka. Bahkan harga sabu-sabu pada hari-hari di bulan Ramadan ini bisa melonjak.

Tentu saja langkah BNN ini harus diapresiasi. Penangkapan ini sama dengan langkah menyelamatkan warga Aceh dari “penyakit jiwa” dan kebangkrutan. Karena saat seseorang menggunakan narkoba, hanya ada dua hal yang membuat mereka berhenti, kematian atau kebangkrutan.

Namun hendaknya BNN tak berhenti di titik ini saja. BNN harus mampu mengungkap aktor pemilik sabu-sabu itu dan menyeretnya ke meja pengadilan. BNN harus mampu memutus satu dari banyak rantai pemasok narkoba ke Aceh dan mengungkapkan pemasok lain.

Aparat akan semakin sulit berharapan dengan peredaran narkoba yang semakin kompleks. Karena saat ini, para bandar menyusup ke banyak instansi negara yang seharusnya melindungi anak negeri dari peredaran narkoba. Namun dengan kesungguhan hati dan tim yang solid, perang ini akan lebih mudah dimenangkan.

Festival Ramadhan Aceh 2019

Komentar

Loading...