Unduh Aplikasi

Nurchalis: Calon Wagub Aceh Harus Dilakukan Uji Kompetensi

Nurchalis: Calon Wagub Aceh Harus Dilakukan Uji Kompetensi
Ketua Umum Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (Ismi) Provinsi Aceh, Nurchalis. Foto: AJNN.Net/Fauzul Husni

BANDA ACEH - Ketua Umum Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (Ismi) Provinsi Aceh, Nurchalis, mengatakan apabila secara aturan sudah diperbolehkan untuk memilih wakil gubernur, maka dirinya menyarankan agar dilakukan uji kompetensi dalam menentukan orang nomor dua di Aceh itu.

Sejak Gubernur Aceh Nonaktif, Irwandi Yusuf, terjerat Operasi Tangkap Tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mendagri langsung menunjuk Nova Iriansyah sebagai Plt Gubernur Aceh. Irwandi Yusuf sudah divonis penjara selama tujuh tahun, namun Ketua Partai Nasional Aceh (PNA) ini mengajukan banding atas putusan itu. Hingga kini putusan banding belum juga turun.

Menurut Nurchalis uji kompetensi terhadap calon Wagub Aceh sangat diperlukan untuk menilai sosok yang layak mendampingi Nova Iriansyah. Adapun uji kompetensi untuk calon wagub yakni
uji kompetensi integritas, kapasitas, moralitas, dan keihklasannya menjadi wagub. Sehingga calon wagub yang terpilih nanti benar-benar sosok yang layak membantu gubernur dalam memajukan Aceh.

Sosok calon wagub, kata Nurchalis, harus memahami kondisi Aceh yang sekarang, bukan masalah kekhususan, tapi masalah kondisi Aceh, misalnya Aceh masih masuh daerah terkorup, kemudian persoalan kemiskinan.

"Calon wagub itu harus mempunyai pemikiran membangun dalam rangka mempercepat kesejahteraan masyarakat, jadi Aceh Leu Sagoe harus dikelola. Jadi calon wagub harus memahami, bukan setelah menjadi wagub hanya duduk sebagai pelengkap, hanya untuk memenuhi substansi jabatan, tapi tidak bisa memberikan kontribusi, pun perdampingan secara real dengan gubernur," kata Nurchalis kepada AJNN, Rabu (12/6).

Untuk masalah daerah terkorup, menurut Nurchalis, calon wagub harus memiliki solusi dan upaya-upaya dilakukan untuk menghidari terjadi korupsi di pemerintah, dan menghapus stikma kalau Aceh daerah terkorup.

"Persoalan membangun, bagaimana membangun untuk meningkatkan pertumbuhan, menurunkan angka kemiskinan, kemudian mengurangi pengangguran, kemudian menyangkut kesejateraan, dari mana wilayah-wilayah yang belum sejahtera," ujarnya.

Sehingga, kata Nurchalis, uji kompetensi seorang wagub itu penting, karena jangan sia-sia memilih wagub hanya berdasarkan sisi kepartaian saja, tapi subtansi kemampuan juga harus dilihat.

"Jangan sampai nanti setelah menjadi wagub, jadi jurang pemisah antara gubernur dan wagub, dan ribut lagi. Jadi apa memang rakyat harus menonton keributan pemimpinnya. Jadi kapan waktu untuk membangun kalau terus menerus ribut," katanya.

Selanjutnya, Nurchalis juga meminta siapapun yang akan terpilih jadi wagub, harus mempunyai komitmen untuk loyal kepada gubernur. Karena loyal terhadap gubernur sangat penting untuk memajukan suatu daerah.

"Kalau memang tidak loyal, mending tidak usah maju saja," tegasnya.

HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...