Unduh Aplikasi

Numpang di tengah jalan, Panwaslu Simeulue cabut rekomendasi Caleg

Numpang di tengah jalan, Panwaslu Simeulue cabut rekomendasi Caleg
Pdip
SIMEULUE - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Simeulue mencabut rekomendasi terhadap. M. Khoni. B.Sc, yang masuk Daftar Calon Tetap (DCT) Calon Legeslatif atau caleg pada Pemilu 2014.

Pencabutan rekomendasi Caleg PDI Perjuangan tersebut, berdasarkan surat resmi Panwaslu Kabupaten Simeulue, Nomor: 140/Panwaslu-Simeulue/2014. Tanggal 10 Januari 2014, ditandatangani Ketua Panwaslu, DRS Karisah Hamzah.

Dalam surat resmi yang ditujukan kepada KIP Kabupaten Simeulue bersifat segera, dan menyatakan telah terjadi pelanggaran Pemilu. Dikarenakan M Khoni B.Sc, telah menyusup dan menumpang di tengah jalan, setelah disahkan dan diumumkan DCT oleh KIP Kabupaten Simeulue pada tanggal 20 Agustus 2013 lalu.

Sebelumnya, pihak Panwaslu telah mengeluarkan surat resmi, tanggal 7 Oktober 2013. Nomor 039/panwaslu-Simeulue/2012 tentang rekomendasi peninjauan M. Khoni B.Sc dimasukan dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

Sementara sekitar 12 dari 15 Partai politik peserta pemilu legislatif 2014, menyatakan dan meminta KPU dan Bawaslu RI, batalkan M Khoni, B.Sc dari caleg PDI Perjuangan.

Permintaan pembatalan tersebut ditandatangni pimpinan 12 parpol, yakni Partai Nasdem, PKB, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, Hanura, PDA, PNA, PA, PBB dan PKPI. Sedangkan tiga partai lainnya yang tidak menandatangi surat pernyataan tersebut, yakni PKS, PDI-P dan PPP.

Mencuatnya Surat pernyataan tersebut, setelah KIP Simeulue, memasukan dan menetapkan. M. Khoni. B.Sc. Nomor urut 4. Dapil 2, dari PDI-P Yang masuk menjadi caleg 2014.

Padahal sebelumnya KIP Simeulue, telah mengumumkan secara resmi Daftar Calon Tetap (DCT), pada 20 Agustus 2013 lalu. Dan dalam pengumuman tersebut, M. Khoni. B.Sc. Nomor urut 4. Dapil 2, dari PDI-P. Tidak tercatat di DCT.

Surat resmi dari 12 Pimpinan Parpol di Simeulue, tanggal 21 Desember 2013. Bersifat penting, dikirim ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Surat resmi 12 Parpol untuk KPU RI dan Bawaslu RI, telah dikirim Senin (6/1) lalu. Diketahui bahwa M. Khoni. B.Sc. Ditetapkan KIP Simeulue, dalam DCT. Nomor: 73/Kpts-KPU/2013. Tanggal 23 Oktober 2013 lalu.

Sementara berdasarkan pengumuman DCT, KIP Kabupaten Simeulue, pada tanggal 20 Agustus 2013, lalu pada urutan 4 dapil 2, cale PDI-P, atas Jaswar.

AHMADI

Komentar

Loading...