Unduh Aplikasi

Naik Level Game PUBG 

Naik Level Game PUBG 
Foto: Net

MAJELIS Permusyawaratan Ulama Aceh akhirnya mengharamkan permainan PlayerUnknown’s Battlegrounds alias PUBG. Status yang sama juga dijatuhkan kepada permainan daring lain yang saat ini akrab dimainkan di telepon cerdas oleh hampir semua kalangan. 

MPU beralasan permainan ini dapat mengubah perilaku dan mengganggu kesehatan pemainnya. Terutama anak-anak karena sarat dengan kekerasan. Di tingkat nasional, hal ini masih menjadi wacana dan menunggu kajian lebih dalam dari Majelis Ulama Indonesia. 

Seharusnya larangan atas permainan ini tidak perlu menunggu fatwa haram dari majelis ulama. Pemerintah cukup mengkaji dampaknya lewat penelitian yang dilakukan sendiri atau bekerja sama dengan perguruan tinggi. 

Cina melarang dan membatasi usia warga yang boleh memainkan PUPG. Di India, permainan ini dilarang. Bahkan di beberapa provinsi di negara itu, orang tua disarankan menyerahkan anak mereka ke polisi jika masih memainkan PUPG. 

Selain dua negara padat penduduk itu, Nepal dan Irak juga memberlakukan permainan yang dibuat oleh Bluehole Inc, perusahaan asal Korea Selatan. Game pertempuran yang tentang bertahan hidup ini diunduh lebih dari 100 juta kali di seluruh dunia sejak awal diluncurkan, pada 2017.

Dampak permainan ini beragam. Bagi anak-anak, keranjingan game ini akan sangat menyita waktu demi sesuatu yang sia-sia. Apalagi di dalamnya banyak sekali adegan kekerasan yang mungkin ditiru. Karena di dalam permainan ini, penggorengan yang berfungsi sebagai alat masak bisa berubah menjadi senjata. Bukan tak mungkin hal ini ditiru oleh mereka. 

Tentu saja fatwa ini tak boleh dibiarkan jalan sendiri. Harus ada aturan daerah yang mengawal pelaksanaan fatwa ini agar benar-benar berefek. Pemerintah provinsi perlu mengingatkan operator seluler di Aceh dan penyedia jaringan wifi untuk memblokir akses memainkan PUPG di Aceh. Agar aturan ini bukan sekadar petuah; masuk kuping kanan keluar kuping kiri.

HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...