Nagan Direndam Banjir, Jamin Idham Tawarkan Solusi

Nagan Direndam Banjir, Jamin Idham Tawarkan Solusi
Banjir di Nagan Raya. Foto: ist
NAGAN RAYA - Jamin Idham angkat suara menanggapi persoalan banjir yang terus menerus mendera sebagian besar wilayah Nagan Raya. Wakil Bupati Nagan Raya ini menilai tidak ada upaya konkret pemerintah untuk mengantisipasi bencana yang sudah diperkirakan ini.

“Kita perlu melakukan upaya pencegahan di hulu. Tentu saja ini harus dilakukan oleh pucuk pimpinan di Nagan Raya sebagai pemegang kendali pemerintahan,” ujar Jamin Idham, Selasa (18/10).

Kemarin banjir melanda Tripa Makmur, Darul Makmur dan Kuala pesisir. Jamin Idham mengatakan selama menjabat sebagai wakil bupati, dia menyampaikan beberapa ide untuk penanganan banjir. Namun upaya ini selalu kandas. Usulannya tidak digubris.

Karena itu, Jamin yang berencana maju pada Pemilihan Kepala Daerah 2017 bersama Chalidin, berharap ke depan ada kajian tentang banjir secara komprehensif di Nagan Raya. Hal ini perlu melibatkan sejumlah pakar untuk meneliti lebih lanjut penyebab terjadinya banjir tahunan itu.

“Jika rekomendasi hasil kajian pakar telah kita kantongi, kita akan bergerak untuk melaksanaka upaya pencegahan. Kita harus berupaya dengan memanfaatkan upaya struktural, seperti menggandeng badan sungai dan upaya-upaya lainnya,” kata Jamin.

Jamin juga menilai perlu upaya jangka panjang non-struktural dalam mencegah banjir dan melakukan pencegahan dalam jangka pendek. Salah satunya adalah dengan membangun kewaspadaan terhadap bencana di tengah-tengah masyarakat.

“Kita hidup di kawasan yang bencana. Baik gempa, tsunami, banjir, tanah longsor, dan lainnya. Karena itu penting untuk membangun kesadaran untuk terus waspada,” kata Jamin.

Jamin berharap dia dan Chalidin diberikan kesempatan untuk melaksanakan langsung upaya-upaya pencegahan bencana ini secara konkret dalam pemerintahan.

Langkah itu adalah dengan memperbaiki sarana dan prasarana, pembersihan dan rekonstruksi pascabanjir, rehabilitasi dan pemulihan kondisi fisik dan non-fisik, penilaian kerusakan, kerugian dan asuransi bencana banjir. Intinya, kata Jamin, pemerintahannya nanti akan melakukan pencegahan di hulu. (adv)
Sail Sabang 2017 Humas Provinsi Aceh
MTQ XXXIII 2017
data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...