Unduh Aplikasi

Mudik Aman

Mudik Aman
Ilustrasi: firstcry

ORGANISASI Angkutan Darat Aceh memastikan tak ada lonjakan harga tiket musim mudik dan balik pada Idul Fitri 1440 Hijriah. Kenaikan tarif angkutan lebaran harus berada pada kisaran yang disepakati.

Kabar ini menjadi angin segar. Sepatutnya pula diaplikasikan secara sungguh-sungguh di lapangan dan diawasi ketat oleh pemerintah selaku regulator. Langkah ini akan sangat membantu di tengah mahalnya harga tiket pesawat dan ketersediaan pilihan moda transportasi dari Banda Aceh ke daerah lain.

Tapi hendaknya tiket murah ini disertai dengan pelayanan yang prima. Baik dari sisi armada yang disediakan pengusaha atau kesehatan sopir. Apapun ceritanya, keselamatan pengguna jasa transportasi darat harus menjadi prioritas ketimbang uang seperak.

Untuk itu, penting bagi pemilik kendaraan angkutan umum memastikan kendaraan mereka layak jalan. karena di jalan, hal kecil bisa berubah petaka. Saat kanvas rem kendaraan tidak diganti, atau ban botak yang dipaksakan jalan akan sangat berisiko bagi keselamatan pengemudi dan penumpang.

Apapun ceritanya, kendaraan bermotor sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Karena itu, negara mengatur syarat layak untuk sebuah kendaraan, terutama angkutan umum, beroperasi. Setiap kendaraan yang melintas harus lolos uji, mulai dari uji kebisingan suara hingga radius putaran.

Kesehatan dan kesiapan fisik sopir untuk mengemudikan juga sangat penting. Ini tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Pemilik kendaraan, perusahaan otobus, juga harus memastikan sopir mereka layak memimpin perjalanan. Jangan demi mengejar untung, pemilik atau perusahaan pemilik kendaraan tutup mata terhadap kondisi ini dan memaksa sopir bekerja ekstra.

Pengawasan terhadap penggunaan obat terlarang sebagai doping juga harus diawasi ketat oleh pemerintah. Di setiap terminal atau titik, ada salahnya jika kepolisian dan dinas perhubungan melakukan pemeriksaan acak. Ini demi menjaga agar tak ada sopir curang yang mencoba melawan rasa capek dan lelah dengan mengonsumsi narkoba.

Memang tak ada yang bisa memprediksi masa depan. Namun setidaknya, dengan pengetahuan dan pengalaman panjang di jalan, keamanan dan keselamatan di jalan adalah hal penting yang seharusnya bisa dipenuhi bersama. Jangan sampai, Idul Fitri yang seharusnya membawa kebahagiaan bagi siapa saja berubah kemalangan, hanya karena kelalaian kecil yang seharusnya bisa diantisipasi.

Komentar

Loading...