Unduh Aplikasi

Meski Musim Kemarau, Lampoh Lada Tetap Tergenang Banjir

Meski Musim Kemarau, Lampoh Lada Tetap Tergenang Banjir
Jalan permukiman warga tergenang banjir genangan, Foto: Fakhrul Razi Anwir

ACEH BARAT DAYA - Kawasan permukiman warga di jalan Lampoh Lada, Gampong Geulumpang Payong, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), yang terus tergenang banjir membuat warga sekitar mengeluh.

Banjir genangan di daerah yang ditempati belasan kepala keluarga tersebut tetap terjadi, meskipun dalam musim kemarau.

Rizal salah seorang warga yang bermukim di daerah itu mengaku, dirinya bersama dengan warga setempat merasa terganggu akibat air yang terus mengendap di kawasan itu. Bahkan, katanya, hujan yang melanda kawasan Abdya sejak sore kemarin, membuat ketinggian air mencapai satu meter.

"Ketinggian air mencapai satu meter menggenangi kawasan ini. Bahkan ular terlihat berkeliaran di air genangan dan kita terpaksa harus berdiam dirumah karena terlalu beresiko," kata Rizal kepada wartawan, Senin (25/3).

Rizal mengaku, mengendapnya air dikawasan tersebut akibat dibukanya sayap irigasi Krueng Susoh untuk kebutuhan air persawahan warga. Kemudian, sebutnya, air itu terus mengalir hingga kejalan Lampoh Lada.

"Kalau sayap kiri irigasi sudah dibuka, airnya mengalir sampai kesini, ditambah lagi saluran jalan lintas tersumbat, makanya air terus mengendap disini," ungkapnya.

Sebelumnya, ungkap Rizal, pihaknya juga sudah melayangkan surat kepada Keuchik gampong setempat. Kemudian diteruskan kepada camat dan BPBD Abdya guna untuk dilakukan penggalian dan normalisasi saluran-saluran yang tersumbat, namun hingga kini juga belum ada kejelasan penanggulangan dari pihak terkait.

"Dulu kita juga sudah pernah melakukan penimbunan, tapi tidak bertahan lama. Jadi kita meminta agar pemerintah daerah dengan segera melakukan penanggulangan, sebab kondisinya emergency," harap Rizal.

Sementara itu, Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Abdya, Din Armaya mengatakan, dirinya bersama dengan Kepala Dinas PUPR sudah pernah turun ke lokasi untuk melakukan peninjauan terkait pengendapan air tersebut.

"Sudah pernah kita turun ke lokasi, masalah itu sudah kita koordinasikan dengan BPBK Abdya," jawabnya singkat.

Komentar

Loading...