Unduh Aplikasi

Mereka dalam Pusaran Dugaan Korupsi Irwandi Yusuf

Mereka dalam Pusaran Dugaan Korupsi Irwandi Yusuf
Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf (ANTARA/Dhemas Reviyanto/FT02)

BANDA ACEH - Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan suap. Irwandi diduga menerima duit suap dari Bupati Bener Meriah nonaktif, Ahmadi sebesar Rp 500 juta. Uang itu merupakan bagian dari commitment fee Rp 1,5 miliar atau 10 persen demi mendapatkan ijon proyek infrastruktur yang menggunakan alokasi dana otsus.

KPK menduga bagian delapan persen diperuntukkan bagi sejumlah pejabat di provinsi, sedangkan dua persen di tingkat kabupaten. Bahkan sebagian dari duit suap Rp 500 juta itu diduga akan digunakan untuk kegiatan Aceh Marathon 2018. Selain Irwandi dan Ahmadi, ada dua orang yang juga dijerat sebagai tersangka yaitu Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri.

Penyidik KPK terus melakukan pengembangan atas kasus yang menjerat orang nomor satu di Aceh itu. Penyidik secar marathon melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, termasuk orang-orang yang berada di lingkaran Irwandi Yusuf. Bahkan penyidik juga melakukan penggeledahan dibeberapa tempat, termasuk dinas-dinas di Aceh dan Bener Meriah.

Fenny Steffy Burase
Fenny Steffy Burase sempat dikabarkan memiliki hubungan khusus dengan Irwandi Yusuf. Namun hingga sekarang kabar tersebut belum ada kejelasan. Steffy--sapaan Fenny Steffy Burase--merupakan tenaga ahli Aceh Marathon.

Fenny Steffy Burase bersama Irwandi Yusuf. Foto: Ist

Fenny merupakan salah satu saksi yang dicekal ke luar negeri oleh KPK. Bahkan KPK juga memblokir rekening Steffy. Hingga kini, Steffy sudah dua kali diperiksa oleh penyidik KPK, yakni pada Rabu (18/7/2018), dan Rabu (1/8/2018).

Darwati A Gani
Darwarti A Gani merupakan istri Irwandi Yusuf. Penyidik memeriksa Darwati A Gani pada Selasa (31/7/2018). Darwati yang merupakan mantan Anggota DPRA diperiksa selama enam jam.

Kebersamaan Darwati A Gani bersama Irwandi Yusuf sebelum ditangkap KPK. Foto: Instagram @Darwati_agani

Zaini Yusuf
Zaini Yusuf merupakan adik kandung Irwandi Yusuf. Namun pemilik klub bola Aceh United itu tidak diperiksa sebagai saksi oleh penyidik KPK, namun rumah miliknya sempat digeledah pada Jumat (17/8) di Banda Aceh.

Irwandi Yusuf bersama Zaini Yusuf. Foto: Ist

Rumah Ketua PNA Banda ACeh itu berada di kawasan Batoh, Kecamatan Lueng Bata. Hasil penggeledahan, penyidik tidak menemukan bukti apapun terkait kasus dugaan suap yang menjerat Irwandi Yusuf.

Sayuti Abu Bakar
Sayuti Abu Bakar merupakan pengacara Irwandi Yusuf. Penyidik tidak memeriksa Sayuti sebagai saksi, namun rumah miliknya di Rancho Indah Town House sempat digeledah. Dalam penggeledahan itu, penyidik menemukan dan menyita sejumlah dokumen terkait proyek yang dibiayai dengan Dana Otonomi Khusus Aceh dan barang bukti dugaan korupsi Irwandi Yusuf, Gubernur Aceh. (Kabarnya Sayuti sydah diperiksa Kemarin Senin 10 September 2018, juga rumahnya di Aceh sudah digeledah.

Irwandi Yusuf bersama Sayuti Abu Bakar. Foto: Ist

Johhnic Apriano alias Nico
Nico--sapaan akrab Johhnic Apriano merupakan staf khusus Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf. Ia memang sangat dekat dengan Irwandi Yusuf. Nico diperiksa oleh penyidik KPK, Kamis (6/9/2018). Nico diperiksa untuk didalami pengetahuannya tentang pelaksanaan tugas Gubernur Aceh saat itu terkait perkara yang sedang disidik.

Irwandi Yusuf bersama Johhnic Apriano alias Nico. Foto: Facebook Suparta Arz

Samsul Bahri alias Tiong
Tiong--sapaan akrab Samsul Bahri--merupakan Ketua Harian Partai Nangroe Aceh (PNA). Selain itu, Tiong juga merupakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). Ketika Pilkada lalu, Tiong juga dipercaya sebagai Ketua Tim Pemenangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah.

Irwandi Yusuf bersama Tiyong. Foto: Ist

Dalam kasus yang menjerat Irwandi Yusuf, Tiong akan diperiksa pada Rabu (12/9/2018) di Gedung KPK yang berada di Jakarta Selatan. Tiyong diperiksa untuk kepentingan pemeriksaan dalam rangka penyidikan tindak pidana korupsi.

Komentar

Loading...