Unduh Aplikasi

Menjaga Stabilitas Harga

Menjaga Stabilitas Harga
ilustrasi

LANGKAH Tim Satuan Tugas Pangan Kabupaten Aceh Tamiang sebenarnya cukup efektif untuk menekan kenaikan harga yang gila-gilaan menjelang akhir tahun. Tim yang terdiri dari kepolisian, Dinas Koperasi, Satpol-PP, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian-Pangan dan Badan Urusan Logistik ini adalah cara membantu masyarakat dari jeratan kenaikan harga yang kerap tidak masuk akal.

Namun tim ini harus juga menyasar produk-produk lain yang mulai mengalami kelangkaan, seperti gas 3 kilogram bersubsidi. Ini adalah satu produk yang sangat dibutuhkan masyarakat namun kerap dipermainkan oleh para distributor dan pengecer.

Kelangkaan persediaan ini mendorong lonjakan harga gas elpiji bersubsidi di banyak daerah. Para spekulan beraksi dengan menggandeng pengecer tak resmi untuk menjual gas kepada masyarakat dengan harga yang jauh lebih mahal dari ketentuan Pertamina.

Untuk itu, pemerintah harus mampu bersikap tegas dan mengajak Pertamina untuk benar-benar mengawasi peredaran tabung gas ini. Selain mengecek ke gudang penyimpanan gas milik distributor atau pengecer resmi, pemerintah harus pula mencari distributor tak resmi yang selama ini menikmati keuntungan dari penjualan tak sah itu.

Pemerintah juga harus menjatuhkan sanksi kepada distributor yang memberikan jatah gas kepada distributor tak berizin. Kalau perlu, distributor model ini harus dicabut izin usahanya agar mereka tidak terus menerus mempermainkan kebutuhan pokok masyarakat ini.

Razia juga harusnya dilakukan secara terus menerus. Tidak harus menunggu waktu momen-momen tertentu. Dengan demikian, kestabilan harga produk yang akan dijual ke masyarakat akan tetap terjaga. Terutama barang-barang kebutuhan pokok.

Komentar

Loading...