Unduh Aplikasi

Mengadang Laut Menggerus Pantai

Mengadang Laut Menggerus Pantai
Ilusstrasi: colorgaia

ADA beberapa daerah di Aceh yang saat ini terancam abrasi. Satu di antaranya adalah Dusun Pesisir di Desa Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya. Meski sejumlah petugas disiagakan di daerah itu untuk memantau kondisi penggerusan daratan, tetap saja abrasi tak bisa diabaikan.

Penanganan terhadap abrasi di banyak daerah juga masih dilakukan dengan cara-cara yang sederhana. Masyarakat, dengan bantuan pemerintah, membuat benteng karung goni berisi pasir yang disusun di sepanjangan kawasan yang mengalamai abrasi. Tentu saja ini tak bisa jadi solusi jangka panjang.

Beberapa daerah yang mengalami abrasi memang berada di kawasan permukiman. Kondisi ini jelas membahayakan warga. Terutama saat pasang besar terjadi. Ombak besar yang datang menghantam daratan dalam sekejap bisa menyeret daratan ke laut.

Untuk mengantisipasi kerusakan dan korban jiwa, ada baiknya jika pemerintah daerah mengkaji kemungkinan relokasi warga ke daerah yang lebih aman. Pemerintah perlu membuka dialog dengan warga yang selama ini terancam abrasi agar mereka mau memulai kehidupan baru di lokasi baru.

Langkah ini akan lebih baik ketimbang membangun tebing pemecah ombak. Sebagai gantinya, pemerintah bisa menanam pohon bakau yang terbukti lebih efektif menjaga stabilitas garis pantai di kawasan yang kini terancam abrasi. Keberadaan bakau juga dapat meredam tiupan angin laut dan membantu memperbaiki ekosistem laut di pesisir Aceh.

Tentu saja hal ini bukan sesuatu yang mudah. Apalagi di saat banyak pemerintah daerah yang mengaku anggaran daerah terbatas. Namun ada solusi yang bisa diambil. Pemerintah daerah, misalnya, dapat menyediakan lahan. Sementara untuk pembangunan rumah warga yang direlokasi, pemerintah daerah dapat menggandeng Pemerintah Aceh atau pemerintah pusat.

Sepanjang relokasi ini dibicarakan secara terbuka, dan dilaksanakan dengan jujur, warga yang terus terancam kehilangan tanah mereka tentu akan menerima tawaran ini. Kita tak boleh terus membiarkan daratan menghilang akibat buruknya pengelolaan garis pantai.

Komentar

Loading...