Hasanudin
Unduh Aplikasi

Material Jetty Kuala TPI Seunebok Tak Sesuai Spek

Material Jetty Kuala TPI Seunebok Tak Sesuai Spek
Sekretaris Komisi IV DPRA, Zulfadhli. Foto: Ist

BANDA ACEH - Material  pembangunan Jetty Kuala TPI Seunebok Plimbang (Tahap VII) Kabupaten Bireuen tidak sesuai spesifikasi yang dipersyaratkan dalam kontrak.

Di mana spesifikasi dalam kontrak disebutkan untuk pekerjaan yang menggunakan material batu <250 Kg dan Batu Uk>1.000 Kg harus menggunakan batu boulder atau batu gajah, namun batu yang dipasok ke lokasi adalah batu sungai dan berat isi batu tidak mencapai spesifikasi.

Proyek tersebut dilaksanakan oleh PT Bohana Jaya Nusantara berdasarkan kontrak nomor KU.602-A/KPA-IRP/1891/2016 tanggal 20 Juli 2018.

Temuan itu berdasarkan pantauan di lapangan yang disampaikan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pembangunan Prasarana dan Pengaman Pantai Dinas Pengairan Aceh, Heryansyah melalui surat nomor 602/A-IRP/2467/2018 yang ditujukan kepada Direktur PT Bohana Jaya Nusantara.

Caption

Dalam surat tanggal 6 Agustus itu juga disebutkan material yang sudah dipasok ke lokasi namun tidak sesuai spek tidak boleh digunakan untuk pekerjaan tersebut.

Sekretaris Komisi IV DPRA, Zulfadhli yang akrab dipanggil Tengku Abang saat dikonfimasi kepada AJNN mengatakan pihaknya juga telah meninjau langsung proyek yang bersumber dari dana otsus itu.

Laman LPSE

"Setelah kita tinjau ternyata batu yang digunakan tidak sesuai spek, yang seharusnya itu batu gajah, tetapi yang digunakan justru batu sungai dan berat isi batu juga berbeda dengan spek," katanya.

Laman LPSE

Penelusuran AJNN di laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemerintah Aceh, ada 86 peserta yang mengikuti lelang proyek dengan pagu Rp 12 miliar itu, empat diantaranya terkait surat dukungan galian C yang tidak memenuhi syarat. Meliputi PT Fata Perdana, PT Multi Putra Inti, PT Citajok Bintang, PT Sumber Cipta Yoenanda.

Adi Maros

Komentar

Loading...