Unduh Aplikasi

Masyarakat Diimbau Waspada Potensi Petir dan Angin Puting Beliung

Masyarakat Diimbau Waspada Potensi Petir dan Angin Puting Beliung
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE - Potensi terjadinya angin kencang (puting beliung) dan petir akan terjadi hingga lima hari ke depan. Hal itu disebabkan jika suhu panas berlangsung berturut-turut hingga empat dan lima hari dan kemudian akan terbentuk awan hitam yang berpotensi terjadi petir dan puting beliung sangat aktif.

“Sebagaimana yang telah kami sampaikan, bulan Januari ini adanya pengurangan curah hujan di wilayah hukum BMKG Malikussaleh dibandingkan bulan Desember 2018 lalu. Hal tersebut bukan berarti tidak ada hujan, namun ada pengurangan sehingga menyebabkan suhu panas,” kata Kepala Stasion BMKG Malikussaleh, Nasrul kepada AJNN, Senin (7/1).

Baca: Puting Beliung Terjang Arena Pacu Kuda Bener Meriah, Delapan Orang Luka-luka

Sambungnya, kondisi tersebut menyebabkan sebaran terbentuknya awan hujan tidak merata, sehingga ada kolom masa udara hangat dan kolom masa udara dingin di atmosfer wilayah Bener Meriah, Aceh Utaram Lhokseumawe, Aceh Timur, Bireuen dan Kota Langsa.

“Hal ini dapat dilihat jika cakrawala (langit) tertutup awan hitam sebagian dan panas di bagian lainnya. Inilah yg dapat memicu timbulnya petir dan puting beliung,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat berhati-hati jika panas berlangsung berturut-turut hingga empat dan lima hari kedepan. Karena kemudian akan terbentuk awan hitam maka potensi petir dan puting beliung sangat aktif

“Kami perkirakan hal ini masih dapat terjadi tiga hari kedepan,” pungkasnya.

Komentar

Loading...