Unduh Aplikasi

Masuk Masa Tenang, APK Masih Menjamur di Aceh Barat

Masuk Masa Tenang, APK Masih Menjamur di Aceh Barat
Sejumlah bendera partai masih terpasang di Aceh Barat, Minggu (14/4). Foto: AJNN.Net/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Meskipun sudah memasuki masa tenang, sejumlah alat peraga kampanye (APK) masih terpasang dibeberapa titik di Kabupaten Aceh Barat.

Dari pantauan AJNN, APK seperti bendera partai, baliho caleg dan capres masih terpasang di ruas jalan Nasional Meulaboh-Medan, dan di Jalan Manek Roo.

Sementara itu, Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Aceh Barat, menyoroti masih banyaknya APK yang terpasang itu. Ketua YARA Aceh Barat, Hamdani menilai Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) setempat tidak tegas, sehingga APK masih banyak terpasang.

"Harusnya tadi malam mulai pukul 00.00 WIB, APK harus sudah dibersihkan oleh kontestan pemilu. Namun sayangnya hingga pagi ini, saya masih menemukan APK," kata Hamdani, Minggu (14/4).

Ia mempertanyakan kinerja Panwaslih Aceh Barat, yang terkesan menutup mata terkait APK tersebut. Seharusnya mulai pukul 00.00 WIB, tadi malam Panwaslih harus memantau APK dan menurunkan APK jika tidak diturunkan oleh para kontestan peserta pemilu.

Bahkan, ia menyebut Panwaslih seakan-akan tidak sepenuh hati menjalani tanggung jawabnya dalam pengawasan pemilu, sebagaimana yang diamanahkan dalam peraturan KPU Nomor 23/2018.

"Saya tidak tahu apakah Panwaslih ada menyurati parpol peserta pemilu untuk menertibkan APK mulai pukul 00.00 WIB tadi malam. Yang jelas hingga saat ini, APK masih ditemukan dibeberapa titik.

Komentar

Loading...