Hasanudin
Unduh Aplikasi

Mainkan, Bung...

Mainkan, Bung...
ilustrasi: franceinter

KEMENTERIAN Dalam Negeri harus segera bersikap dan memberikan jawaban atas rencana penerbitan Peraturan Gubernur Aceh tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh 2018.

Ihwal penolakan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh menghadiri undangan rapat pembahasan rancangan peraturan tersebut, semua terpulang kembali kepada anggota dewan.

Untuk urusan anggaran, ada kepentingan lebih besar yang harus disegerakan, yakni kepentingan lima juta rakyat Aceh. Apalagi, tak ada jaminan bahwa anggaran ini bisa dapat segera diluncurkan. Jika seluruh persyaratan sudah memadai, Kementerian harus segera menyetujui.

DPRA pun punya hak untuk tidak menyetujui peraturan ini. Namun, Kementerian harus berpegang kewajiban negara untuk melayani kebutuhan dasar rakyatnya.

Di tengah berharap DPRA tidak terlalu membawa permasalahan ini ke dalam hati. Apalagi sampai menghalang-halangi pengesahan APBA 2018.

Peraturan gubernur adalah sebuah keniscayaan. Di tengah ketidakjelasan, ini adalah keputusan yang harus diambil oleh eksekutif. Akan lebih banyak kerugian masyarakat akibat tarik menarik kepentingan anggaran ini.

Dewan tak perlu berkecil hati. Dengan keputusan ini, artinya peran pengawasan dewan akan semakin berfungsi maksimal. Pembangunan, seperti yang selalu didengung-dengungkan eksekutif, juga akan semakin baik.

Masyarakat Aceh pun akan tersenyum menikmati keputusan yang pahit ini. Jadi, jangan tunggu lama-lama. Mainkan terus.

Adi Maros
Gratis Bea Balik Nama Non BL - SAMSAT Aceh
Gayo Alas Mountain Int Fest 2018

Komentar

Loading...