Unduh Aplikasi

KASUS PENIPUAN CALO PNS

Maimun Rajapante Divonis Dua Tahun Penjara

Maimun Rajapante Divonis Dua Tahun Penjara
Kasi Pidum Kejari Pidie Jaya, Aulia

PIDIE JAYA - Terdakwa kasus penipuan calo Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Aceh, Maimun Musa atau yang lebih tenar dengan sebutan Maimun Rajapante divonis dua tahun kurungan penjara.

"Sebenarnya agenda sidang hari ini adalah jawaban JPU (Jaksa Penuntut Umum) terhadap pledoi terdakwa. Namun hakim menilai kasus atau sidang ini sudah lama berjalan, sehingga hakim langsung memutuskan vonis pada sidang hari ini," kata Kajari Pidie Jaya, Mukhzan melalui Kasi Pidum, Aulia kepada AJNN via seluler, Rabu (21/8).

Baca: Gadis Asal Pidie Jaya Tertipu Calo PNS Rp 130 Juta

Aulia menjelaskan, hakim PN Pidie Jaya menguatkan tuntutan JPU Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat dengan mempertimbangkan bukti-bukti di persidangan, sehingga majelis hakim yang diketuai oleh M Jamil SH memutuskan Maimun Rajapante bersalah dan menvonis mantan dosen Unigha itu dua tahun penjara.

Vonis tersebut satu tahun lebih rendah dari tuntutan JPU. Namun kata Aulia, pihaknya maupun terdakwa menyatakan piki-pikir terhadap vonis tersebut.

Baca: Terdakwa Dituntut Tiga Tahun Penjara

Setelah vonis itu dijatuhkan terhadap terdakwa, Maimun belum dapat dieksekusi ke penjara. Pasalnya, hingga saat ini Maimun Rajapante masih berstatus tahanan kota. Status tahanan kota itu sendiri diberikan oleh PN Pidie Jaya setelah Maimun membuat permohonan beberapa waktu lalu.

Baca: Sidang Kasus Calon PNS, Saksi Sebut Kirim Uang ke Maimun Rp 100 Juta

"Terdakwa belum dieksekusi, karena vonis belum inkrah. Waktu tujuh hari diberikan untuk memutuskan banding atau terima putusan PN. Terdahap putusan vonis ini, JPU dan terdakwa menyatakan pikir-pikir," jelas Aulia.

Komentar

Loading...