Unduh Aplikasi

LPS Edukasi Program Penjaminan Simpanan di Banda Aceh

LPS Edukasi Program Penjaminan Simpanan di Banda Aceh
Dari kiri ke kanan Suriani, Dosen FEB Unsyiah, Kepala Devisi Surveilas Bank Syariah, Gamaginta dan Moderator Yarmen Dinamika saat sosialisasi dan edukasiLPS di Banda Aceh, Rabu (12/12/2018). Photo: Ist

BANDA ACEH - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar kegiatan sosialisasi dan edukasi untuk masyarakat di Banda Aceh, Rabu (12/12/2018). Acara yang digelar di Hotel Grand Arabia, Banda Aceh itu bertujuan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga perbankan.

Kepala Devisi Surveilas Bank Syariah, Gamaginta, mengatakan melalui sosialisasi LPS diharapkan terciptanya stabilitas sistem perbankan yang merupakan modal utama penggerak ekonomi.

“ Melalui kesempatan ini LPS ingin memberikan pengetahuan tentang pentingnya masyarakat Aceh khusunya dalam menggerakkan sistem ekonomi syariah,” kata Gamaginta.

Dengan mengetahui simpanannya di Bank dijamin kata dia, masyarakat diharapkan merasa lebih nyaman sehingga semakin meningkatkan jumlah warga penabung di Bank. Penambahan jumlah penabung lanjutnya menjadi modal penting dalam mendongkrak perekonomian nasional.

Hal tersebut kata dia merupakan salah satu fungsi LPS selaku regulator keuangan di Indonesia bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, serta Kementerian Keuangan dalam menjaga stabilitas sistem perekonomian di Indonesia.

“LPS berfungsi menjamin simpanan nasabah penyimpan dan aktif memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai kewenangannya,” tambah Gamaginta.

Dikatakan tahun 2016, Pemerintah RI dan DPR telah mengesahkan UU Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan. Pengesahan UU tersebut membuat LPS mendapatkan tugas dan fungsi tambahan diantarannya menjadi instrumen dalam melakukan resolusi bank, alternativ pendanaan melalui obligasi.

“LPS juga berwewenang menyelenggarakan program restrukturisasi perbankan ketika terjadi krisis sesuai ketetapan Presiden,” tuturnya.

Selama sosialisasi LPS juga melakukan serangkaian kegiatan diantarannya talkshow radio, media workshop, dan kuliah umum di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Pemberitahuan Mulai Tender/Seleksi Sekda Aceh

Komentar

Loading...