Unduh Aplikasi

Larangan Pemasangan APK di Jaringan Listrik oleh PLN Dinilai Sudah Tepat

Larangan Pemasangan APK di Jaringan Listrik oleh PLN Dinilai Sudah Tepat
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat menilai iimbauan Perusahaan Listrik Negara (PLN) kepada peserta Pemilu 2019 tidak memasang Alat Peraga Kampanye pada jaringan listrik sudah tepat.

Ketua KIP Aceh Barat, Teuku Novian Nukman, mengatakan selain adanya larang dari PLN pemasangan APK di jaringan listrik juga di larang dalam aturang Pemilu, lantaran tiang listrik merupakan saran publik.

Larangan itu, kata dia, dilakukan bukan hanya dari sisi keselamatan bagi para pemasanga APK dan masyarakat namun juga telah menghilangkan nilai estetika.

Baca: PLN Minta Peserta Pemilu Tak Pasang APK di Jaringan Listrik

“Larangan pemasangan APK ini sudah tepat dan sangat mendukung, dengan demikian PLN ikut menjaga keselamatan. Secara aturan Pemilu juga dilarang. Sebelumnya Panwaslu dan Satpol PP juga sudah membersihkannya, namun masih ada,” kata Novian saat dihubungi melalui selularnya, Selasa, (5/2).

Namun Novian merasa heran kenapa para Caleg atau tim sukses masih membandel dengan memasang APK dizona terlarang seperti di tiang listrik, tiang telepon serta fasilitas publik lainnya. Menurutnya KIP dan Panwaslu setempat sudah sering mengimbau dan mensosilisasikan larang tersebut namun tidak diindahkan.

Bisa saja, kata dia, tidak diindahkannyai imbauan tersebut lantaran tidak ada sanksi tegas dalam aturan Pemilu terhadap mereka yang melanggar aturan tersebut.

Meski demikian, kata Novian, PLN bisa saja melakukan upaya hukum terhadap para pelanggar asalkan ada aturan yang berlaku tentang kelistrikan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009.

“PLN Bisa saja menggugat atau menuntut para caleg atau tim sukses jika aturan PLN melarang hal tersebut. Kalau kita tidak ada sanksi tegas dalam hal ini meski ada larangannya,” ungkapnya.

Komentar

Loading...