Langkah Cepat Ketua DPRA Diapresiasi

Langkah Cepat Ketua DPRA Diapresiasi

BANDA ACEH - Komisi Masyarakat Untuk Demokrasi dan Pembangunan Aceh (KMDP-ACEH) mengapresiasi langkah cepat Ketua DPRA Tgk Muharuddin yang akan memanggil Gubernur Aceh dan Bupati Aceh Singkil terkait klaim empat pulau oleh Provinsi Sumatera Utara.

Ketua KMDP Aceh Iwan mengatakan klaim Provinsi Sumut terhadap empat pulau di wilayah Aceh Singkil harus menjadi perhatian serius dari Pemerintah Aceh. Hal ini sangat penting mengingat pulau-pulau tersebut merupakan aset Aceh yang sangat berharga dan harus benar-benar dijaga. Apalagi, secara fakta di lapangan tanah tersebut sudah bersertifikat milik Warga Bakongan, Aceh Selatan.

"Kami apresiasi langkah cepat Ketua DPRA," kata Iwan, Selasa (14/11).

Baca: Ketua DPRA: Sumut Jangan Bangunkan Singa Tidur

Menurutnya, tidak ada alasan Pemerintah Sumut untuk mengklaim pulau tersebut masuk ke wilayah mereka. Namun, meskipun sudah bersertifikat, masyarakat juga mengharap langkah cepat dan tegas dari Pemerintah Aceh untuk menyikapi persoalan tersebut.

"Sikap tersebut sangat penting, karena di tengah perkembangan teknologi saat ini bisa saja pulau-pulau yang sudah bersertifikat milik warga Aceh tersebut perlahan akan hilang akibat klaim dari Sumut tersebut. Bisa saja perlahan Sumut melakukan upaya-upaya seperti penyesuaian peta wilayah, pembangunan-pembangunan, yang bisa menguatkan klaim tersebut," ujarnya.

Sehingga, kata Iwan, dalam jangka waktu lama Aceh akan kesulitan menyelesaikan permasalahan tersebut. Jadi hal ini bisa saja akan terjadi jika tidak secepat mungkin diselesaikan dengan baik.

"Respon cepat Ketua DPRA tersebut patut kita apresiasi bersama, mengingat persoalan atas wilayah Aceh juga merupakan amanah dari MoU Helsinki dan UUPA yang harus benar-benar dijalankan," tegasnya.

Kedepannya, ia berharap agar permasalahan-permasalahan yang sudah diamanahkan dalam UUPA harus diselesaikan sebaik mungkin agar tidak menjadi catatan sejarah yang terabaikan.

"Tidak hanya itu, memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga UUPA bagi generasi milenial juga sangat penting, mengingat generasi milenial mungkin saja tidak bersentuhan langsung dengan proses lahirnya UUPA, sehingga bisa saja informasi yang diperoleh tidak penuh," katanya.

Sail Sabang 2017 Humas Provinsi Aceh
MTQ XXXIII 2017
data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...