Unduh Aplikasi

Lagi, Banjir Rendam Sejumlah Kecamatan di Aceh Barat

Lagi, Banjir Rendam Sejumlah Kecamatan di Aceh Barat
Ilustrasi. Banjir di Gampong Pante Labu, Aceh Timur,Senin 8 Oktober 2018.Foto:AJNN/Asrul

ACEH BARAT - Hujan dengan intensitas tinggi yang terus mengguyur sejak tiga hari terakhir menyebabkan beberapa Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat terendam banjir, Rabu (10/10). Banjir terjadi akibat luapan sejumlah sungai karena tak mampu menampung debit air yang tinggi.

Informasi diperoleh AJNN, banjir telah memaksa sejumlah warga Gampong Pasie Leuhan mengungsi karena rumah mereka mulai digenangi air. Mereka mengungsi kerumah sanak famili yang dinilai aman.

“Warga Gampong Leuhan yang mengungsi sebanyak 147 jiwa karena air di pemukiman warga sudah mencapai ketinggian 60 hingga 80 centimeter. Banjir akibat luapan Krueng Mereubo,” kata Geuchik Gampong Pasie Leuhan, Kecamatan Johan Pahlwan, Sofyan Rasyid.

Menurut Sofyan sepanjang bulan oktober banjir terus berulang di Gampong Pasie Leuhan dan kali ini dinilai menjadi banjir terparah. Saat ini ketinggian air telah mencapai dua meter padahal sebelumnya ketinggian air hanya mencapai satu meter.

"Tapi tidak ada korban jiwa akibat banjir luapan ini. Warga telah lebih dulu menyelamatkan harta benda sebelum air merendam desa. Dilihat dari kondisinya air berpeluang terus naik karena hujan masih berpotensi turun apalagi desa kami dekat dengan sungai. Saya berharap warga meningkatkan kewaspadaan,” ungkapnya.

Sofyan juga mengimbau warga mengungsi ke tenda yang telah didirikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang didirikan disejumlah lokasi diantarannya diatas jembatan, badan jalan. Sementara itu data BPBA menyebut banjir juga terjadi di Kecamatan Bubon, Samatiga dan Kecamatan Johan Pahlawan.

 

Komentar

Loading...