Unduh Aplikasi

GUGATAN DITOLAK

Kuasa Hukum Sama Indra: MK Masih Berpatokan pada Struktural Administratif

Kuasa Hukum Sama Indra: MK Masih Berpatokan pada Struktural Administratif
ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan sengketa sengketa perselisihan hasil Pilkada Aceh Selatan yang diajukan oleh pasangan HT Sama Indra-H Harmaini. Putusan itu dibacakan dalam sidang putusan yang berlangsung Kamis (9/8) kemarin.

MK menolak gugatan pasangan Putih tersebut lantaran pengajuannya telah melewati tenggang waktu, yaitu tiga hari kerja sejak termohon mengumumkan penetapan perolehan suara.

Baca: Gugatan T Sama Indra-Harmaini Melewati Tenggang Waktu

Menanggapi hal itu, Kuasa Hukum pasangan HT Sama Indra-H Harmaini, Sulthan Muhammad Yus mengatakan putusan tersebut menunjukan bahwa Mahkamah Konstitusi masih berpatokan pada struktural administratif. Penekanan pada poin ketentuan ambang batas kembali menambah preseden buruk bagi keberlangsungan demokrasi.

"Kami masih berharap Mahkamah Konstitusi membuka ruang selebar-lebarnya bagi proses pembuktian, sehingga permasalahan politik uang ini menjadi terang benderang. Penekanannya ada pada terstruktur, sistematis dan massif," katanya.

Namun demikian kata Sulthan, sebagai warga negara yang taat hukum pihaknya menerima putusan Majelis Hakim Konstitusi yang bersifat final and binding tersebut.

"Begitulah sistem demokrasi kita bekerja, ada batasan-batasan tertentu yang menurut hemat kami perlu ditinjau ulang demi kebaikan iklim perpolitikan di Indonesia," sebutnya.

Kata dia, Teuku Sama Indra berpesan bahwa, perjuangan untuk kemaslahatan Aceh Selatan sudah seluruhnya diselasaikan, terkait putusan MK harus dapat diterima sebagai bagian dari ketaatan pada hukum. HT Sama Indra juga berdoa semoga pemerintahan yang baru dapat melaksanakan amanah rakyat dengan sebaik-baiknya

”Hemat saya, pesan tersebut menunjukan komitmen kenegaraan pasangan putih cukup tinggi. Ada jiwa kesatria dan demokrat sejati dalam diri Pak TS.
Besar harapan semua pihak dapat menerimanya dengan ikhlas, terutama bagi 37.608 pemberi mandat," kata Sulthan.

Sulthan juga mengajak kepada pendukung setia pasangan Putih agar berpolitik dengan kesucian dan berhukum dengan sebenar-benarnya hukum, agar nilai edukasi dalam berdemokrasi bagi rakyat dapat terwujud.

Komentar

Loading...