Unduh Aplikasi

Krisis, Puluhan Ribu Liter Air Bersih Dipasok ke Tenda Pengungsian

Krisis, Puluhan Ribu Liter Air Bersih Dipasok ke Tenda Pengungsian
Korban gempa sulawesi tengah antri mendapatkan air bersih. Foto:AJNN.NET/Rahmat Fajri.

SULAWESI TENGAH - Gempa bumi disertai tsunami dan fenomena likuifaksi yang melanda Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Jum'at 28 September 2018 mengakibat sejumlah korban kesulitan mendapat air bersih. Untuk memperoleh air bersih yang akan dikonsumsi, para korban harus rela antri di tempat penjernihan air yang disediakan pemerintah dan para relawan.

Untuk mengatasi kesulitan para korban, sejumlah relawan turut membantu distribusi air bersih dengan mengantar langsung ke tenda-tenda pengungsian. Hal tersebut setidaknya dilakukan para Relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Menggunakan 4 armada, diantaranya 3 pick up dan 1 mobil truk, setiap harinya relawan ACT mendistribusikan air bersih kepada warga yang terkena dampak di tiga wilayah.

Koordinator distribusi air bersih ACT, Adi mengatakan armada pengangkut air itu dibagi untuk 3 daerah, yakni 1 armada untuk Palu, 2 bergerak ke wilayah Sigi dan 1 armada mengantarkan air ke Donggala. Adi menyebutkan, setiap armada memiliki kapasitas berbeda.

"Untuk pick up dapat menampung 4,4 ribu liter air sekali jalan, sedangkan mobil truk kapasitas hingga 6 ribu liter. Kalau pick up sehari 3 kali trip, sedangkan truk sehari 2 trip," kata Adi ditemui saat tengah mendistribusikan air bersih di Desa Duyu, Selasa, (30/10).

Korban gempa sulawesi tengah antri mendapatkan air bersih. Foto:AJNN.NET/Rahmat Fajri.

Menurut Adi, air bersih yang didistribusikannya didapat di dari tempat penjernihan air di daerah Towua yang dekat dengan mata air. Disana, lanjutnya sudah ada kerjasama dengan pihak dari Perancis yang ikut membantu sejak hari pertama terjadinya gempa.

"Diambil dari penjernihan air bersih di towua regensi. Kerjasama sama dengan orang Perancis yang ngecam disitu sejak pertama gempa," ujarnya.

Adi menyampaikan, selain mendapatkan bantuan air bersih dari ACT, warga juga memperoleh bantuan dari pemerintah seperti PMI dan lembaga pemerintah lainnya.


Foto: Pemasokan air ke tenda pengungsian

HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...