Unduh Aplikasi

KPH Wilayah IV: Karhutla di Aceh Barat Capai 120 Hektare

KPH Wilayah IV: Karhutla di Aceh Barat Capai 120 Hektare
Ilustrasi: Prajurit TNI dalam Satuan Tugas Gabungan Kebakaran Hutan dan Lahan usai memadamkan titik api di Aceh. Foto: BPBD Aceh Jaya

ACEH BARAT - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Aceh Barat terus meluas. Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTU) Kesatuan Pengawasan Hutan (KPH) Wilayah IV Aceh mencatat hingga Sabtu (13/7), luas kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Aceh Barat sekitar 120 hektare.

Luasnya kebakaran lahan tersebut, terjadi dibeberapa titik di Kabupaten Aceh Barat, dengan wilayah terluas terjadi di Desa Napai, Kecamatan Woyla Barat dengan luas 100 hektare.

Kepala UPTD KPH Wilayah IV, M Daud, mengatakan selain di Woyla, kebakaran juga ditemukan di Arongan Lambalek, Desa Seuneubok Teungoh tepatnya di kawasan Kayee Loen dengan luas diperkirakan mencapai 4 hektare.

"Selain itu juga di Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan. Kalau kami total keseluruhan 120 hektare," kata M. Daud, Sabtu, (13/7).

Untuk kebakaran di kawasan Napai, kata dia, titik api yang ditemukan berbeda dengan titik api yang ditemukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Luasnya karhutla di Aceh Barat, disebabkan oleh kemarau atau cuaca terik ditambah dengan lahan yang terbakar merupakan lahan gambut yang sangat mudah dilalap api.

"Tapi api saat ini dilaporkan api sudah padam setelah hujan yang terjadi tadi malam," imbuhnya.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...