Unduh Aplikasi

Kotak Suara Kardus Robek Saat Diuji Coba KIP Aceh Barat

Kotak Suara Kardus Robek Saat Diuji Coba KIP Aceh Barat
Foto salah satu kotak suara robek saat diujicoba. Foto: Darmansyah

ACEH BARAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat telah menguji kekokohan kotak suara berbahan kardus katon duplek, dengan cara diduduki dan disiram seperti yang dipraktikkan Ketua KPU, Arief Budiman, dan hasilnya tidak rusak

Namun berbeda saat diuji coba oleh salah satu anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat. Kotak suara tersebut malah robek di bagian pinggir sepanjang 10 centimeter.

Ketua KIP Aceh Barat, Teuku Novian Nukman mengatakan robeknya kotak suara tersebut kemungkinan besar kerena diuji berulang kali. Namun demikian, ia tidak bisa memastikan penyebab utama robeknya kotak suara tersebut saat diuji coba.

Menurut Novian dari jumlah 3.373 kotak suara yang dikirimkan KPU dua diantaranya rusak,pihaknya menemukan ada dua kota suara yang rusak.

“Itu sudah beberapa kali di uji. Namun saya tidak bisa dipastikan itu rusak kenapa karena ada laporan juga kepada kita ada dua kotak suara yang rusak, jadi apakah itu memang termasuk yang sudah rusak,” kata Novian, kepada wartawan, Rabu, (19/12).

Novian menambahkan dua kotak suara yang rusak tersebut telah dilaporkan ke KPU Pusat untuk digantikan. Selain dari dua kotak suara yang rusak kata dia, KIP Aceh Barat juga kekurangan 28 kotak suara dari jumlah 3.373 kotak suara.

Bukan hanya kotak suara, KIP Aceh Barat juga kekurangan bilik suara sebanyak 452 unit dari 2.512 unit yang dibutuhkan.

Dalam kesempatan itu, Novian mengatakan penggunaan kotak suara berbahan karton duplex tersebut sebenarnya bukan hanya digunakan pada Pemilu 2019 ini saja, namun sudah dimulai sejak Pemilu 2014 lalu.

Sabang Marine 2019

Komentar

Loading...