Unduh Aplikasi

KONI Aceh Laksanakan Tes Fisik Tahap II

KONI Aceh Laksanakan Tes Fisik Tahap II
Foto: Ist

BANDA ACEH – Pemusatan latihan daerah (Pelatda) Pra PON XX dan PORWIL X KONI Aceh kembali laksanakan tes fisik tahap II di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh Senin (24/6). Tes fisik kedua ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana perkembangan fisik para atlet yang telah berlatih selama Pelatda dimulai.

Sebagaimana diketahui Pelatda desentralisasi yang dimulai sejak bulan Maret 2019 yang lalu dan telah berjalan selama tiga bulan. Tes fisik yang pertama sudah digelar pada 19 Maret lalu, kini tes fisik kembali digelar KONI Aceh.

“Pelaksanaan tes fisik tahap II ini bertujuan untuk melihat dan mengukur sejauh mana perkembangan para atlet yang telah melaksanakan latihan selama ini.” ujar ketua Pelatda Drs. Bahctiar Hasan M.Pd.
Bahctiar menambahkan, dalam pelaksanaan tes fisik hari ini ada atlet yang tidak ada peningkatan berarti selama ini latihannya kurang serius. Oleh karena itu tes fisik ini sangat penting di laksanakan untuk mengetahui hasil latihan atlet selama ini.

Sementara itu H.T Rayuan Sukma S.Sos selaku wakil ketua Pelatda tes fisik ini dilakukan sebagai bahan evaluasi KONI Aceh untuk melihat perkembangan fisik semua atlet yang masuk dalam pelatda.

"Apabila dari tes hari ini di bandingkan dengan tes pada tahap pertama menurun, maka KONI Aceh akan mengevaluasi apakah atlet sendiri yang tidak latihan atau memang pelatda di tiadakan lagi,”katanya.

Rayuan Sukma menjelaskan alasannya berkata demikian itu karena KONI Aceh tidak mau hasilnya sia-sia, karena pelaksanaan pelatda kali ini tidak lagi langsung ditangani oleh KONI Aceh akan tetapi di serahkan kepada masing – masing cabor. Apabila dalam tes fisik kali ini fisik atlet menurun maka akan timbul pertanyaan, apakah atletnya yang tidak latihan atau pelatihnya.

"Tes fisik ini adalah acuan KONI Aceh untuk mengevaluasi pelatda Pra PON dan Porwil 2019 ini," katanya.

Menurut Dr. Mansur selaku ketua pelaksana tes fisik tahap II, atlet yang mengikuti tes fisik tahap II ini sebanyak 90 orang dari 16 cabor yang masuk perioritas I dan II pelatda KONI Aceh 2019.

Pada tes tahap I sebanyak 112 Atlet tetapi tahap II Cuma 90 atlet, itu karena ada beberapa atlet yang sedang mengikuti Pra PON dan Pelatnas serta Training Camp di luar Aceh. Adapun tahapan latihan fisik kali ini sama seperti tes pada tahap pertama yaitu, tes ball pass, vertical jump, sit-up, push up dan lari selama 15 menit.

Komentar

Loading...