Unduh Aplikasi

Kongres KMPAN Kurang Perhatian Pemerintah Aceh

Kongres KMPAN Kurang Perhatian Pemerintah Aceh
Sejumlah mahasiswa/i dan pemuda/i yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Pemuda dan Mahasiswa Aceh (IPPMA) Malang, saat rapat panitia Kongres KMPAN VII 2018. Foto: Ist

BANDA ACEH - Kongres Nasional Komite Mahasiswa Aceh dan Pemuda Aceh Nusantara (KMPAN) VII akan digelar di Malang, Jawa Timur. Acara ini akan berlangsung mulai dari 13 hingga 15 desember 2018.

Ikatan Pelajar Pemuda dan Mahasiswa Aceh (IPPMA) Malang akan bertindak sebagai tuan rumah. Kegiatan ini akan berpusat didua tempat berbeda yaitu, Aula MAN 2 Malang dan Gedung Graha Insan Cita.

Kongres KMPAN VII mengambil tema “Rekontruksi Fungsi KMPAN dalam meningkatkan pemimpin berkarakter untuk Aceh yang lebih baik”.

Ketua Panitia Fahmi Darusti menjelaskan tema ini diangkat karena fokus utama kongres KMPAN ini adalah untuk mempersiapkan pemimpin yang baik untuk Aceh dimasa mendatang.

Ia menambahkan persiapan untuk pelaksanaan kongres nasional ini telah mencapai angka 90 persen, tinggal menyelesaikan beberapa titik.

"Insyallah sebelum H-5 persiapan kongres kami harapkan telah rampung total,” katanya.

Ada beberapa kendala yang dihadapi panitia, salah satu kendalanya yaitu kurangnya perhatian dari Pemerintah Aceh. Padahal KMPAN merupakan wadah permersatu pemuda Aceh diperantuan.

“Kami mengharapakan adanya respon baik, terlebih dari Pemerintah Aceh. Untuk kongres organisasi pemuda nasional saja pemerintah berani mengeluarkan dana besar, mengapa tidak untuk KMPAN,” ujarnya.

Pada kongres VII ada sebelas presidium KMPAN yang dijadwalkan akan hadir, IPPMA Malang, IPTR Medan, IMTR Bogor, IKAPA Bandung, IMAPA Jakarta, IPPMA Riau, IPAS Semarang, TPA Yogyakarta, PKMTR Surabaya, IMASKA Solo, dan HIMPAC Sumatra Barat.

Sekretaris Jendral KMPAN, M Imam Abdul Aziz mengharapkan kongres nasional ke VII ini bisa menjadi titik balik peran pemuda Aceh kedepan. Ia menambahkan pemuda dalam konteks apapun memegang peranan penting dalam roda kemajuan suatu bangsa.

“Harapan kami kongres kali ini dapat berjalan lancar tanpa kedala apapun sampai selesai, juga siapapun yang terpilih menjadi sekjen nantinya mampu mensinergiskan peran KMPAN dengan Pemerintah Aceh,” ujarnya.

Beberapa pejabat pemerintahan Aceh juga akan dijadwalkan hadir. Sedangkan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah direncakankan akan membuka langsung kongres KMPAN VII, dan akan menjadi keynote speaker dalam kongres itu.

Komentar

Loading...