Unduh Aplikasi

Koalisi NGO HAM laporkan ketua KIP Aceh Timur ke DKPP

Koalisi NGO HAM laporkan ketua KIP Aceh Timur ke DKPP
IMG00416 20140424 1543
BANDA ACEH - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh selaku kuasa dari Koalisi NGO HAM Aceh melaporkan Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur, Ismail ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Aceh, Kamis (24/4).

Laporan tersebut terkait dimana ketua KIP Aceh Timur telah melanggar kode etik penyelenggara pemilu.

Tim Kuasa hukum Koalisi NGO HAM, Herman, mengatakan, Ismail di laporkan ke DKPP karena kedapatan membawa lima kotak suara yang didalamnya berisi surat suara.

"Tindakan yang membawa kertas suara seorang diri tanpa pengawalan jelas melanggar aturan," katanya.

Ia juga menyebutkan, ketua KIP Aceh Timur telah melanggar beberapa aturan kepemiluan sebagaimana disebutkan dalam pasal 9 Perma KPU, Bawaslu, DKPP Nomor 13 tahun 2012, Nomor 11 tahun 2012, dan Nomor 1 tahun 2012 tentang penyelenggara pemilihan umum. Dan pasal 34, pasal 36 ayat 1 dan 3, Nomor 16 tahun 2013 tentang norma standar kebutuhan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan penyelenggara pemilu.

Dalam uraian singkat kejadian tersebut, Ketua KIP Aceh Timur, Ismail ditangkap anggota Polres Aceh Timur dalam sebuah razia di desa tanoh anoe, kecamatan idie rayeuk, Aceh Timur karena membawa lima kotak suara sendiri tanpa adanya pengawalan pemilu.

"Beliau (ismail) membawa kotak suara tanpa ada pengawalan dari penyelenggara pemilu maupun kepolisian, dan ini melanggar aturan," terangnya.

Sehubungan dengan kejadian tersebut, pihaknya meminta agar DKPP memeriksa dan memutuskan dugaan pelanggaran kode etik pemilu terhadap ketua KIP Aceh timur karena dinilai telah merusak pesta demokrasi.



| TOMMY

Komentar

Loading...