Unduh Aplikasi

KIP Pidie Belum Jadwalkan Penetapan Caleg Terpilih

KIP Pidie Belum Jadwalkan Penetapan Caleg Terpilih
Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara, KIP Pidie Fuadi Yusuf

PIDIE -Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie belum menjadwalkan penetapan calon dewan terpilih yang akan menduduki kursi Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat periode 2019-2024 mendatang.

Rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilu tingkat kabupaten telah selesai dilaksanakan di Kantor DPRK setempat pada 6 Mei 2019.

Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara, KIP Pidie Fuadi Yusuf kepada AJNN, Senin (13/5) mengatakan, meski sudah melaksanakan tahapan rekapitulasi tingkat Kabupaten Pidie, namun tidak bisa langsung melakukan penetapan caleg terpilih untuk DPRK Pidie.

“Jadi penetapan calon anggota DPRD kabupaten baru bisa dilakukan setelah KPU RI menetapkan hasil Pemilu 2019,” ujarnya.

Selain itu, jika memang nantinya ada gugatan, kata Fuadi, maka KIP Pidie harus menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dulu sebelum melakukan penetapan caleg terpilih.

"Intinya KIP Pidie belum bisa menjadwalkan agenda penetapan calon anggota DPRK Pidie sebelum tanggal 25 Mei 2019, kita lihat dulu apakah ada gugatan terhadap pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Pidie atau tidak," terang Fuadi.

Fuadi juga menuturkan, penetapan hasil Pemilu secara nasional oleh KPU RI dilaksanakan pada 22 Mei 2019, setelah rapat pleno KPU RI peserta pemilu (Partai Politik, Pasangan Calon Presiden/Wakil Presiden dan Calon Anggota DPD) diberikan kesempatan mengajukan gugatan dalam rentang waktu tiga hari.

"Selama tiga itu peserta Pemilu dapat mendaftarkam gugatannya ke MK, kemudian nantinya pihak MK akan mengumumkan daftar gugatan pemilu diseluruh Indonesia," cetusnya.

Festival Ramadhan Aceh 2019

Komentar

Loading...