Hasanudin
Unduh Aplikasi

KIP Banda Aceh Hapus 468 Pemilih Ganda

KIP Banda Aceh Hapus 468 Pemilih Ganda
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menetapkan 145.117 pemilih tetap untuk Pemilu 2019 mendatang, dan menghapus sebanyak 468 pemilih ganda. Penetapan data pemilih tersebut ditetapkan dalam tapat pleno terbuka terkait daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPT-HP), Kamis (13/9) di kantor KIP Banda Aceh.

Ketua KIP Banda Aceh Indra Milwady mengatakan data pemilih tersebut merupakan hasil pencermatan bersama yang dilakukan KIP Kota Banda Aceh, panwaslih dan partai politik terkait temuan pemilih ganda oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pasca penetapan DPT tingkat nasional oleh KPU RI.

“Sebelumnya KIP kota Banda Aceh telah menetapkan sebesar 145.585 pemilih Se-Kota Banda Aceh sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan. Kemudian setelah penetapan oleh KPU RI, terdapat 909 pemilih ganda di Banda Aceh, kami lakukan pencermatan bersama dan verifikasi langsung ke lapangan. Hasilnya kami lakukan perbaikan,” kata Indra Milwady.

Indra menyampaikan, terdapat 1.013.067 identitas pemilih ganda pada DPT Pemilu 2019 di seluruh Indonesia hasil temuan bawaslu. Kemudian ada rekomendasi pencermatan dan penghapusan data ganda selama 10 hari setelah penetapan DPT oleh KPU RI.

“Salah satu variabel pemilu yang baik adalah data yang akurat. Kami pastikan data pemilih yang ditetapkan hari ini sama dengan data yang akan ditetapkan di KPU pusat nantinya”, jelasnya..

Setalah dilakukan verifikasi dan pencermatan bersama oleh KIP Banda Aceh bersama Panwaslih menghasilkan 145.117 DPT hasil perbaikan dari data pemilih sebelumnya yang mencapai 145. 585 pemilih.

"Artinya ada 468 pemilih ganda yang telah dihapus dari DPT sebelumnya," ujar Indra.

Adi Maros
Gratis Bea Balik Nama Non BL - SAMSAT Aceh
Gayo Alas Mountain Int Fest 2018

Komentar

Loading...