Unduh Aplikasi

KIP Aceh dapat rapor merah

KIP Aceh dapat rapor merah
Wpid 20140519 105510
BANDA ACEH - Karena dinilai tak mampu menjalankan Pemilu yang demokratis Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mendapatkan nilai buruk alias rapor merah dari mahasiswa Universitas Syiah Kuala.

Rapor merah tersebut berisi penilaian mahasiswa terhadap kinerja KIP Aceh selama proses pelaksanaan Pemilu Legeslatif di Aceh.  Rapor tersebut diantar langsung oleh Ketua Bem Unsyiah Muhammad Chaldun serta belasan mahasiswa lainnya, Senin (19/5).

Chaldun mengatakan banyak kinerja KIP yang harus dievaluasi,  seperti persoalan administrasi yang mengakibatkan hilangnya hak pilih seseorang saat hari pencoblosan. 

"Tidak konsisten implementasi surat edaran KPU mengenai diperbolehkan pindah Dapil dengan menggunakan A5, namun yang kami dapatkan banyak mahasiswa di Banda Aceh ditolak oleh KPPS. Ada yang dibolehkan namun batas waktu hanya pukul 12.00 wub hingga 13.00 wib, seharus bisa digunakan sejak TPS dibuka hingga ditutup,"ujar Chaldun.

Selanjutnya kata Chaldun banyak pelanggaran Pemilu yang tidak terselesaikan. 

Beranjak dari hasil evaluasi yang mereka lakukan, Chaldun mengingatkan KIP agar pelaksanaan Pilpres bisa berjalan lebih baik tanpa ada kecurangan yang mengakibatkan tercorengnya demokrasi.

Sementara itu komisioner KIP Aceh Junaidi mengatakan tidak keberatan dengan penilaian yang diberikan mahasiswa bahkan menurutnya itu adalah bentuk kepedulian terhadap proses demokrasi di Aceh.

Menanggapi tudingan banyak pelanggaran Pemilu yang tidak terselesaikan kata dia semua ada mekanisme.  Saat ini sebagian sudah diproses bahkan ada yang sudah mengajukan gugatan ke MK.

ZULIA JM

Komentar

Loading...