Hasanudin
Unduh Aplikasi

Kinerja Komnas HAM Perwakilan Aceh Perlu Dievaluasi

Kinerja Komnas HAM Perwakilan Aceh Perlu Dievaluasi
Anggota Komnas HAM RI, Beka Ulung di FGD di Banda Aceh. Foto: Tommy

BANDA ACEH - Sejumlah aktivis dari bebagai organisasi meminta agar kinerja Komisi HAM Perwakilan Aceh dievaluasi yang mengalami kemunduran.

Sudirman dari Forum LSM Aceh menilai selama ini kasus-kasus yang ditangani oleh Komnas HAM perwakilan masih jalan di tempat, bahkan tidak ada yang diselesaikan.

"Saya melihat tidak ada perkembangan penyelesaian kasus-kasus yang ditangani oleh Komnas HAM Aceh, untuk itu perlu dilakukan evaluasi," kata Sudirman disela-sela Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan Komnas HAM RI di Banda Aceh, Kamis (13/9).

Kemunduran kinerja Komnas HAM di Aceh, menurut Sudirman dikarenakan lembaga yang kepengurusannya dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), sehingga muncul ketidakpercayaan publik dalam penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM.

"Dengan jabatan sebagai Aparatus Sipil Negara (ASN) tentunya kinerja penyelesaian kasus pelanggaran HAM tidak sangat leluasa, mau melakukan itu nanti salah karena terlalu melawan pemerintah karena statusnya PNS," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Musafir dari Pusat Analisis Kajian dan Advokasi Rakyat (PAKAR) Aceh. Dia menilai selama ini Komnas HAM perwakilan Aceh belum ada kinerja yang menggembirakan dalam penyelesaian setiap kasus pelanggaran HAM terutama di Aceh.

"Kita harapkan adanya perubahan kinerja Komnas HAM dalam penyelesaian sejumlah kasus di Aceh, sehingga bisa muncul kepercayaan publik di lembaga itu," ujarnya.

Sementara anggota Komnas HAM RI, Beka Ulung Hapsara menyatakan agar setiap perwakilan Komnas HAM baik di Aceh maupun di daerah lain agar lebih responsif terhadap pengaduan yang ada dan punyai inisiatif untuk mengatasi pelanggaran HAM.

Ia juga menambahkan, dari hasil FGD ini nantinya akan menjadi pertimbangan Komnas HAM RI dan mencoba merumuskan permasalahan-permasalahan yang dihadapi.

"Nanti kami akan membahas, apa yang menjadi persoalan selama ini," ujarnya.

Beka juga menyebutkan September 2018 ada 23 kasus pengaduan di Komnas HAM Aceh dan saat ini sedang ditindak lanjuti.

"Untuk tahun sebelumnya ada 30 pengaduan yang diterima Komnas HAM Perwakilan Aceh, sejumlah pengaduan di tahun ini sedang ditindak lanjuti," ungkapnya.

Adi Maros
Gratis Bea Balik Nama Non BL - SAMSAT Aceh
Gayo Alas Mountain Int Fest 2018

Komentar

Loading...